Mengapa Orang Bisa Depresi dengan Pekerjaannya?

    Kumara Anggita - 17 Februari 2020 09:00 WIB
    Mengapa Orang Bisa Depresi dengan Pekerjaannya?
    Merasa depresi dalam pekerjaan bisa karena ketika Anda merasa dikendalikan. Selengkapnya berikut ini. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Depresi bisa terjadi karena Anda merasa tidak berdaya dalam kehidupan. Pencetusnya bisa dari suatu hal yang begitu Anda pedulikan atau memakan banyak waktu Anda seperti pekerjaan.

    Mengapa hal ini bisa terjadi? Menurut video Big Think baru-baru ini seperti dilansir dari Inc, Johann Hari menyoroti penelitian ilmuwan sosial Michael Marmot tentang apa yang membuat kita depresi dalam pekerjaan. Jawabannya adalah ketika Anda merasa dikendalikan.

    "Jika Anda pergi bekerja dan Anda merasa dikendalikan, Anda merasa memiliki sedikit atau sedikit pilihan, Anda secara signifikan lebih cenderung menjadi depresi," kata Hari, yang menyimpulkan pekerjaan Marmot.

    Marmot hanyalah satu dari banyak psikolog yang sampai pada kesimpulan ini. Pada 1960-an, psikolog Julian Rotter pernah mengembangkan konsep locus of control. Ini artinya jika Anda berpikir Anda bertanggung jawab atas apa yang terjadi pada Anda, Anda dikatakan memiliki locus of control internal yang membuat Anda merasa bahagia.

    "Studi telah mengaitkan locus of control internal dengan tingkat kesejahteraan dan kebahagiaan yang lebih tinggi, bahkan kesehatan, dalam kelompok yang beragam seperti mahasiswa dan veteran perang lanjut usia,” ujar Hari.

    Seseorang memiliki kebutuhan psikologis mendasar tertentu seperti makanan dan oksigen, dan juga pemuasan perasaan di mana manusia merasa bertanggung jawab atas nasib mereka sendiri. Sementara ketika hal tak terpenuhi, seseorang akan merasa sengsara.

    Sayangnya dalam pekerjaan, pasti ada rasa-rasa dikendalikan seperti jam, lokasi, pakaian, dekorasi meja, atau urutan tugas. Sains bahkan menunjukkan bahwa memberikan fleksibilitas kepada karyawan akan meningkatkan produktivitas mereka.

    Untuk itu, dalam hal apa pun termasuk pekerjaan, disarankan agar meminimalisir mengendalikan seseorang. Dengan seperti itu, risiko depresi akan semakin kecil.






    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id