Beberapa Penyebab Rasa Sakit di Ketiak

    Raka Lestari - 29 November 2019 15:11 WIB
    Beberapa Penyebab Rasa Sakit di Ketiak
    Hal ini perlu diwaspadai terutama jika rasa sakit pada ketiak Anda disertai dengan benjolan kecil. (Ilustrasi/Pexels).
    Jakarta: Rasa sakit pada ketiak bisa terjadi karena banyak faktor, mulai dari perubahan hormon hingga berbagai masalah kesehatan serius salah satunya adalah kanker. Untuk itu perlu sekali mengetahui apakah rasa sakit pada ketiak merupakan sesuatu yang berbahaya atau bukan melalui penyebab dari rasa sakit pada ketiak itu sendiri.

    Lalu apa saja penyebab rasa sakit pada ketiak Anda? Berikut ini adalah beberapa penyebab umum rasa sakit pada ketiak:

    Infeksi atau peradangan pada limfa

    Hal ini perlu diwaspadai terutama jika rasa sakit pada ketiak Anda disertai dengan benjolan kecil. “Kelenjar getah bening Anda terletak di bawah lengan dan leher Anda, dan ketika mereka terinfeksi atau meradang, mereka bisa menjadi besar, menyakitkan, dan lunak saat disentuh,” ujar Jeremy Allen, MD, direktur medis American Family Care di Birmingham.

    Lokasi mereka membuat kelenjar getah bening sulit untuk diabaikan ketika mereka mulai menyebabkan masalah. Rasa sakit itu biasanya dikaitkan dengan infeksi jamur, bakteri, atau virus yang lebih besar di dalam tubuh.”

    Alergi

    Sensasi ruam atau terbakar di ketiak Anda bisa disebabkan oleh alergi kulit. Iritasi umum termasuk sabun, deodoran, antiperspiran, dan bahan pakaian. Dokter Anda dapat mendeteksi penyebab ruam dengan melakukan tes alergi pada lengan Anda.

    “Untungnya, ada banyak formula alternatif untuk sabun, deodoran, dan antiperspiran yang memiliki bahan-bahan yang aman bagi kulit Anda,” kata Dr Allen.

    Kelenjar keringat atau folikel rambut yang terinfeksi

    “Jika Anda mengalami benjolan disertai dengan bercak merah dan gatal, rasa sakit pada ketiak bisa terjadi karena infeksi pada kelenjar keringat atau folikel rambut,” jelas Dr Allen.

    Penyebabnya bisa karena kebersihan yang buruk, menstruasi, kondisi lembap di ketiak, dan keringat berlebih. “Jika terjadi infeksi, gunakan pakaian yang longgar dengan sirkulasi udara yang baik sehingga ketiak bisa ‘bernapas’ dan bersihkan area yang terinfeksi secara menyeluruh untuk menghilangkan bakeri, kulit mati, dan kelebihan minyak kulit,” saran Dr Allen.

    Otot tertarik 

    Nyeri ketiak yang parah dapat disebabkan oleh otot dada, triceps, atau latissimus dorsi yang tegang atau tertatik. Meskipun tidak ada otot khusus di ketiak itu sendiri, rasa sakit dari otot-otot sekitarnya dapat menjalar sampai ketiak Anda, menurut Dr Allen. Beristirahat dapat mengurangi rasa sakit atau Anda dapat mengonsumsi ibuprofen untuk mengurangi rasa nyeri.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id