Tahapan Pemulihan setelah Operasi Caesar

    Anda Nurlaila - 28 Desember 2019 18:04 WIB
    Tahapan Pemulihan setelah Operasi Caesar
    Nyeri cesar biasanya meningkat 18 jam setelah melahirkan. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Sebelum menjalani persalinan melalui bedah caesar mungkin Anda telah mempersiapkan diri. Tapi tidak banyak calon ibu yang mengetahui secara mendalam apa yang mereka hadapi setelah operasi, termasuk efek samping hingga perawatan bekas luka. 

    Meski sepertiga kelahiran bayi di Amerika Serikat melalui operasi caesar, tidak banyak ibu yang mengetahui bagaimana pemulihan pascabedah ini. Seperti dilansir dari Parents, ada beberapa hal tentang pemulihan setelah operasi caesar.

    Satu Jam Setelah Operasi

    Segera setelah operasi, Anda akan pindah ke area pascaoperasi. Anda akan tetap dalam pengawasan staf medis untuk melihat adanya pendarahan vagina maupun luka, tekanan darah, dan suhu. Anda akan diberi cairan dan kateter untuk mengumpulkan urin. Ini akan menghilangkan kebutuhan ke kamar mandi. 

    Pada titik ini Anda belum dapat merasakan sensasi di tubuh bagian bawah karena anestesi. Anda mungkin masih merasa pusing atau melayang. Meski begitu, Anda dapat memegang dan menyusui bayi Anda.

    Setelah beberapa jam tanpa komplikasi, Anda akan dibawa ke ruang pemulihan. Anda mungkin beralih ke diet cair hingga diperbolehkan makan makanan padat. Perawat juga akan memijat rahim agar menyusut ke ukuran normal. 

    Nyeri cesar biasanya meningkat 18 jam setelah melahirkan, saat obat penghilang rasa sakit dengan anestesi spinal hilang. Perinatologis Sean Daneshmand mengatakan saat ini Anda mungkin diberikan anestesi oral atau dimasukkan dalam IV. Setelah satu hari kateter dilepas dan Anda bisa ke kamar mandi. 

    Ginekolog Aaron B. Caughey mengatakan peningkatan aktivitas fisik membantu sirkulasi, meningkatkan fungsi usus, dan akan membuat pemulihan lebih cepat. Mandi sehari setelah operasi juga membantu mengurangi risiko infeksi. Tapi hindari menggosok sayatan dan biarkan air sabun mengalirinya. 

    Dua Hari setelah Sesar 

    Perban akan dilepas dalam 24 jam dan diganti dengan perban kecil yang disebut Steri-Strips yang bisa dibasahi. Keringkan daerah ini setelah mandi dengan menepuknya lembut atau menggunakan pengering rambut yang disetel pada suhu rendah. Tidak disarankan mandi berendam karena hanya aman dilakukan setelah sayatan sembuh, sekitar 7-10 hari pascaoperasi.

    Anda juga perlu mengenakan pembalut selama beberapa minggu setelah melahirkan. Cairan yang keluar dari vagina disebut lochia adalah kombinasi dari sisa darah, lendir, dan jaringan rahim.

    Setelah IV Anda dikeluarkan, Anda mulai dapat makan makanan padat. Pembengkakan setelah operasi Caesar normal. Meski perut yang bergas bisa menimbulkan nyeri dan akan hilang dalam seminggu. Pascacaesar buang kotoran mungkin agak sulit, sehingga minum obat antigas atau pelunak tinja, bergerak dan berjalan-jalan mempermudah aktivitas di kamar mandi. 

    Empat Hari 

    Umumnya ibu tinggal di rumah sakit pascacaesar selama dua hari. Namun pemulihan sebenarnya mengharuskan Anda tinggal selama kurang lebih empat hari. Anda perlu merawat luka bekas sayatan agar tetap bersih. Anda juga tidak boleh mengangkat apa pun yang lebih berat daripada bayi Anda, menghindari seks, penggunaan tampon dan cairan pembersih kewanitaan hingga enam minggu setelah pemeriksaan.

    Menghindari meletakkan apa pun di vagina selama beberapa minggu bertujuan untuk mencegah infeksi. Anda juga tidak boleh mengemudi dan naik tangga. Minta bantuan orang untuk memindahkan barang-barang kebutuhan pokok jika tinggal di rumah bertingkat. Atau lakukan sesekali jika memang sangat penting. 

    Minggu Kedua 

    Pemeriksaan postpartum untuk memeriksa bekas luka. Seharusnya pembengkakan luka tidak berlebihan, tidak ada kemerahan, dan tanda-tanda infeksi. Jika mengalami demam di atas 38 derajat Celcius, bicarakan dengan dokter.

    Meski berharap lebih baik, Anda mungkin masih merasa sakit dan kram selama beberapa minggu. "Baik pada persalinan pervaginam atau caesar, dibutuhkan enam minggu untuk rahim berkontraksi ke ukuran normal," kata Daneshmand.

    Letakkan bantal pemanas atau botol berisi air panas di perut tapi tidak pada sayatan. Ibuprofen dapat membantu mengurangi sakit. Perut masih tampak seperti hamil sebelum kembali ke ukuran aslinya. 

    Minggu Keempat 

    Anda sudah dapat bergerak lebih cepat dan nyaman, berjalan lebih lama, dan pendarahan berkurang. "Tapi jangan membandingkan pemulihan Anda dengan pemulihan orang lain karena pemulihan setiap orang berbeda dan dapat membuat frustasi jika merasa lebih lambat dari orang lain," kata Obgin Shawn Tassone dan penulis buku Hands Off My Belly! dan Spiritual Pregnancy. 

    Perhatikan kebutuhan tubuh, jika masih merasa sakit perlambat aktivitas. Beristirahat sepanjang yang diperlukan jika lelah. "Minum obat penghilang rasa sakit yang diresepkan sangat wajar."

    Minggu Keenam

    Berita baiknya, Anda kemungkinan sudah sembuh sepenuhnya. "Pemulihan penuh dari operasi caesar tanpa komplikasi dapat berkisar antara empat dan enam minggu," kata Gala. "Semakin sehat Anda sebelum operasi, semakin cepat pemulihannya."

    Sebagian besar jahitan atau minimal 50 persen jahitan telah menyatu. Rahim telah kembali ke bentuk semula. Anda kembali dapat berhubungan seks. "Sebagian wanita mungkin masih merasa sakit jika ada tekanan pada  bagian sayatan meski sebagian besar luka sembuh sempurna. Sekarang Anda dapat melakukan aktivitas secara normal," kata Gala.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id