Efek Negatif Tidur dengan Ponsel di Sebelah Anda

    Raka Lestari - 30 Oktober 2019 11:48 WIB
    Efek Negatif Tidur dengan Ponsel di Sebelah Anda
    Ada dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh ponsel jika diletakkan bersebelahan dengan Anda yang dapat memengaruhi kualitas tidur Anda--Pexels
    Jakarta: Tidur dengan ponsel di sebelah Anda merupakan kebiasaan yang cukup banyak dilakukan. Dengan menyimpan ponsel di sebelah Anda sambil menunggu tertidur merupakan kegiatan yang menyenangkan.

    Selain itu, alarm ponsel yang berada di sebelah Anda tersebut bisa lebih cepat membangunkan Anda. Namun terlepas dari itu semua, ada dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh ponsel jika diletakkan bersebelahan dengan Anda yang dapat memengaruhi kualitas tidur Anda.

    Menyimpan ponsel berdekatan dengan Anda ketika tidur dapat membuat Anda lebih rentan membuka email-email pekerjaan atau mengobrol di group chat dan hal-hal lain yang bisa meningkatkan ketegangan.

    "Melihat aktivitas di ponsel dapat meningkatkan perasaan tertekan untuk selalu ada selama 24 jam penuh. Dan hal itu dapat mengakibatkan stres yang dapat membuat Anda lebih sulit tertidur,” ujar Rose MacDowell, pakar tidur dan kepala peneliti di Sleepopolis.

    “Ketika Anda menatap ponsel, dapat memancarkan cahaya biru yang mencegah tubuh untuk meproduksi melatonin,” ujar Ibinye Osibodu-Onyali, LMFT, terapis perkawinan dan keluarga berlisensi dan pemilik The Zinnia Practice.

    "Melatonin adalah hormon yang mengatur tidur dan memungkinkan Anda mendapatkan istirahat yang baik. Tanpa itu, Anda mungkin akan sulit tertidur atau bangun dengan perasaan pusing.”

    Bahkan sekalipun Anda hanya meletakkan ponsel dekat Anda tanpa memainkannya masih bisa mengganggu tidur Anda. “Jika ponsel berdering, maka itu akan mengingatkan tubuh Anda untuk bangun dan terjaga daripada tidur nyenyak,” kata Osibodu-Onyali.

    "Perhatikan bahwa mode getar juga bisa bermasalah jika ponsel Anda di sebelah Anda, karena suara getaran masih bisa mengganggu tidur Anda."

    Itu sebabnya Osibodu-Onyali merekomendasikan untuk meletakkan ponsel Anda sekitar satu jam sebelum naik ke tempat tidur, karena itu akan memberi tubuh Anda cukup waktu untuk memproduksi melatonin.

    Ini bisa menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan, tetapi jika Anda perlahan-lahan mengganti bermain dengan ponsel Anda dengan aktivitas non-layar, seperti membaca buku atau melakukan hobi yang lain, tentunya Anda akan merasakan perubahan besar dalam kualitas tidur Anda.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id