Reaksi Tubuh Ketika Menyimpan Sesuatu dari Pasangan

    Kumara Anggita - 06 Januari 2020 08:00 WIB
    Reaksi Tubuh Ketika Menyimpan Sesuatu dari Pasangan
    Menyimpan suatu informasi yang harusnya pasangan Anda ketahui, dapat membuat tubuh Anda stres. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Menjaga rahasia adalah hal yang sulit namun lebih parah lagi ketika Anda menyembunyikan sesuatu dari pasangan Anda. Ini karena hubungan Anda dan dia didasari oleh kepercayaan dan keterbukaan.

    Hal ini tentunya akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Dilansir dari Bustle, Seorang Psikolog Klinis, Joshua Klapow, PhD mengungkapkan bahwa menyimpan suatu informasi yang harusnya pasangan Anda ketahui, dapat membuat tubuh Anda stres.

    "Anda mungkin mendapati diri Anda merasa gugup dan cemas ketika pasangan Anda mengemukakan topik yang berkaitan dengan informasi yang Anda simpan darinya," kata Klapow.

    "Dari waktu ke waktu Anda mungkin mengalami sakit kepala, sakit perut, dan ketegangan otot akibat stres yang berkepanjangan karena menyimpan informasi itu,” lanjuntya.

    Selain itu, ini juga memengaruhi rutinitas harian Anda seperti tidur. "Sering kali gejala utama adalah tidak bisa tidur sepanjang malam," kata Caroline Madden, PhD, seorang terapis pernikahan.

    Reaksi Tubuh Ketika Menyimpan Sesuatu dari Pasangan
    (Bicarakan dengan pasangan Anda tentang masalah yang membuat Anda cemas atau terganggu. tidak ada salahnya untuk mengungkapkan hal yang sesungguhnya. Ini demi kesehatan Anda sendiri dan juga kebaikan hubungan Anda. Foto: Pexels.com)

    "Awalnya tidur itu mudah, tapi Anda bangun jam 2:30 pagi tanpa alasan. Dan Anda gelisah,” lanjutnya.

    Seiring waktu, menyembunyikan sesuatu yang penting bahkan dapat memengaruhi perasaan Anda secara emosional. Hal ini lama- kelamaan tentunya akan memengaruhi hubungan Anda.

    ”Anda mungkin menemukan kesabaran Anda lebih pendek dan Anda mungkin menjadi lebih defensif," kata Klapow.

    "Menyimpan informasi dari pasangan Anda yang berpotensi merusak Anda atau mereka membuat tubuh Anda dalam respons stres yang terus-menerus. Memegang informasi membawa Anda dari keadaan regulasi ke deregulasi yang terkait dengan stres,” ujarnya.

    Bila hal-hal ini terjadi pada Anda, tidak ada salahnya untuk mengungkapkan hal yang sesungguhnya. Ini demi kesehatan Anda sendiri dan juga kebaikan hubungan Anda.

    Cari waktu untuk mengobrol dengan pasangan di tempat yang nyaman bagi Anda berdua, sehingga Anda dapat memiliki hati ke hati yang tulus. 

    Anda mungkin menyimpan informasi ini untuk diri sendiri karena Anda khawatir pasangan Anda merasa kesal atau dikhianati, jadi sediakan juga ruang untuk reaksi itu. "Mereka mungkin memiliki tindakan refleksif negatif awal yang protektif dan defensif," kata Klapow.

    "Mereka mungkin perlu waktu untuk memproses apa yang Anda katakan pada mereka,” lanjutnya. Dan menurutnya ini bukanlah masalah. Bersiaplah untuk membicarakannya lagi di kemudian hari jika perlu.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id