Tips Buang Air Besar Teratur

    Sunnaholomi Halakrispen - 28 November 2019 17:05 WIB
    Tips Buang Air Besar Teratur
    Buang air besar secara teratur membuktikan bahwa pencernaan Anda lancar.(Ilustrasi/Pexels).
    Jakarta: Kesehatan pencernaan merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Buang air besar secara teratur membuktikan bahwa pencernaan Anda lancar.

    Apa yang Anda makan berpengaruh pada proses pembuangan akhir dari isi perut Anda. Maka demikian, makanan yang baik untuk kesehatan pencernaan tak bisa diabaikan begitu saja.

    Beberapa makanan yang bisa dijadikan rekomendasi. Misalnya makanan hasil fermentasi, yakni yogurt, kimchi, tempe, miso, dan kefir. Makanan-makanan tersebut merupakan sumber probiotics.

    Kemudian, makanan yang tinggi serat juga bagus untuk pencernaan. Beberapa di antaranya, yaitu sayuran, kacang-kacangan, pisang, oats, berries, dan asparagus.

    "Makanan tinggi serat akan membuat buang air besar teratur dan pencernaan menjadi sehat, bersih, dapat menyerap nutrisi secara maksimal," ujar dr. Marya Haryono, Sp.GK di Penang Bistro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 27 November 2019.

    Selain itu, bawang putih dan bawang bombay. Sebab, kedua bawang ini mengandung anticancer dan bermanfaat untuk meningkatkan imunitas.

    Demikian juga makanan yang mengandung collagen atau protein struktural yang dapat membantu jaringan sel. Contohnya, sumsum, salmon, jamur, produk dari susu, dan daging.

    Makanan yang baik untuk membantu pencernaan memiliki kandungan gula yang sedikit atau lebih baik lagi yang tanpa kandungan gula. Lalu, makanan yang tinggi serat dan tinggi protein.

    Sementara itu, jika Anda belum bisa menentukan apakah pencernaan Anda lancar atau tidak, perhatikan saja bentuk kotoran yang Anda keluarkan saat buang air besar. Kondisi baik ialah ketika tekstur kotoran Anda tidak keras, tidak terpotong-potong atau tidak berbentuk cair.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id