Cara Mengatasi Alergi dan yang Harus Dilakukan

    Raka Lestari - 20 Agustus 2019 15:11 WIB
    Cara Mengatasi Alergi dan yang Harus Dilakukan
    Ilustrasi: Britanny Colette/Unsplash.com.
    Biasanya gejala alergi terlihat dari tubuh yang bengkak pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, mulut, lidah, dan tenggorokan. Orang yang memiliki alergi disarankan mengetahui pemicunya.


    Jakarta: Alergi merupakan masalah kesehatan yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Namun, tidak semua orang yang sedang mengalami alergi mengetahui cara mengatasinya. Ataupun juga ketika seseorang yang ada di sekelilingnya mengalami alergi.

    Mengetahui cara mengatasi alergi yang tepat sangat diperlukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

    Gejala alergi umumnya timbul beberapa saat hingga beberapa jam setelah tubuh terpapar dengan alergen. Biasanya gejala alergi terlihat dari tubuh yang bengkak pada beberapa bagian tubuh seperti wajah, mulut, lidah, dan tenggorokan. Ruam atau kemerahan, bersin dan batuk, mual muntah, gatal pada kulit, dan gejala-gejala lainnya.

    dr. Yun Istatik, Dokter Umum di RS Pondok Indah-Pondok Indah menjelaskan bahwa pengobatan alergi disesuaikan dengan gejalanya.

    "Alergi tidak akan terjadi bila penderita tidak ada kontak dengan alergen. Oleh karena itu, disarankan bagi orang yang memiliki alergi untuk mengetahui zat apa saja yang dapat memicu alergi," ucapnya.

    Ia juga menambahkan, bila terjadi reaksi alergi yang dapat membahayakan kondisi penderita seperti terjadi pembengkakan di saluran napas, maka penderita harus segera mendapat penanganan medis di rumah sakit.  "Penanganan alergi tidaklah sama pada tiap tingkatannya," paparnya.

    Berikut ini adalah cara penanganan alergi tahap ringan sampai sedang, menurut dr. Yun Istatik:

    1. Cobalah untuk menenangkan penderita karena kecemasan malah akan memperparah kondisinya.

    2. Ketahui dan identifikasi faktor yang memicu alergi. Jika sudah diketahui segera jauhkan penderita dari pemicunya. Apabila pemicu alergi berupa sengatan lebah maka sebaiknya ditangani dengan mengeluarkan sengat dengan pencungkil kuku jangan gunakan pinset karena bisa menghancurkan sengat akibatnya racun akan menyebar lebih banyak.

    3. Jika penderita mengalami gatal-gatal segera oleskan pelembab yang mengandung kalamin atau berikan sesuatu yang dingin.

    4. Gejala alergi ringan biasanya hanya memerlukan pengobatan dokter yang ringan seperti antialergi.

    Namun menurut dr. Yun Istatik, jika seseorang mengalami alergi pada intensitas yang berat sebaiknya segera dibawa atau dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) di rumah sakit terdekat.

    "Penderita yang mengalami reaksi alergi yang berat perlu segera ke IGD rumah sakit terdekat untuk diberikan penatalaksaan kegawatdaruratan oleh dokter," ujar dr. Yun Istatik.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id