Jangan Pakai 9 Produk Ini di Wajah Anda

    Medcom - 30 Agustus 2019 15:08 WIB
    Jangan Pakai 9 Produk Ini di Wajah Anda
    Ilustrasi-(Foto:ladyformula.com)
    Tidak hanya teknologi, metode dalam merawat kecantikan juga kian berkembang. Bahkan beberapa metode perawatan wajah terkesan unik dan bikin geleng-geleng kepala. Salah satunya menggunakan ASI.


    Jakarta: Tren perawatan kulit wajah semakin beragam dan unik. Bahkan sebagian orang merawat wajahnya menggunakan bahan-bahan yang ekstrem. Namun demikian, Anda perlu mengetahui bahaya produk-produk perawatan ini sebelum menggunakannya untuk wajah Anda.

    1. Hidrogen peroksida

    Ini adalah bahan produk perawatan kesehatan yang populer dikalangan pejuang pembasmi jerawat karena zat ini dapat membunuh bakteri yang hidup di wajah Anda. Tetapi hidrogen peroksida dapat merusak sel-sel kulit Anda sendiri, termasuk fibroblas yang membantu membuat jaringan baru dan menyembuhkan luka. 

    Hindari penggunaan hidrogen peroksida untuk membersihkan luka dan goresan. Gunakan sabun dan air sebagai gantinya karena hidrogen peroksida dapat mengiritasi kulit Anda yang sudah rapuh.

    2. ASI

    Air susu ibu atau ASI ini telah lama dikenal karena manfaat kesehatannya bagi bayi. Sekarang beberapa spa menawarkan perawatan air susu ibu untuk mengurangi jerawat dan menenangkan kulit. Perawatan tersebut tidak akan menyakiti Anda namun sebaiknya Anda menggunakan krim atau produk lain yang mengandung asam laurat, senyawa lemak yang ditemukan dalam ASI.

    3. Witch hazel

    Witch hazel adalah tanaman yang biasa digunakan untuk mengobati jerawat dan mengencangkan pori-pori. Witch hazel bertindak sebagai zat, sejenis bahan kimia yang menyebabkan jaringan kulit Anda berkontraksi. Tapi toner yang mengandung witch hazel dapat menghilangkan semua minyak alami dari kulit Anda. Itu bisa menyebabkan iritasi, kekeringan, dan bahkan reaksi alergi.

    4. Krim Hidrokortison

    Ini adalah obat atau balsem untuk kulit merah, gatal dan bengkak. Jadi Anda mungkin tergoda untuk mengoleskannya jika Anda memiliki rosacea atau kondisi serupa. Tapi krim steroid jenis ini dapat menipiskan kulit, sehingga pembuluh darah di wajah Anda bisa jelas terlihat.

    5. Madu

    Makanan manis ini telah digunakan untuk mengobati luka sejak zaman kuno. Saat ini, beberapa orang mengoleskannya untuk menghilangkan jerawat. Madu membantu mengusir kuman dan mengurangi peradangan. Tapi mungkin hal itu tidak terlalu signifikan.

    Satu studi menemukan bahwa madu bekerja tidak lebih baik daripada sabun antibakteri. Jika Anda masih ingin mencobanya, cari madu manuka yang memiliki peringkat minimum 10 UMF untuk memastikan ia memiliki kekuatan melawan kuman yang cukup.

    6. Hair spray/semprotan rambut

    Hair spray berguna dan efektif untuk membentuk rambut sesuai keinginan. Tetapi Jangan gunakan semprotan rambut untuk mengatur riasan Anda. Bahan yang sama yang membuat rambut rontok juga bisa mengeringkan kulit Anda atau memicu reaksi alergi. Semprotan pengaturan riasan adalah pilihan yang lebih baik.

    7. Jus lemon

    Jus lemon kaya dengan vitamin C, yang dapat mencerahkan kulit dan memudarkan garis-garis halus. Tetapi jus lemon bersifat asam dan dapat mengiritasi wajah Anda.

    Dengan menggunakan jus lemon di wajah juga dapat menimbulkan ruam yang buruk akibat fitophotodermatitis. Ruam dapat hilang dengan sendirinya, namun akan jadi tidak nyaman jika hal itu terlihat di wajah Anda.

    8. Air yang panas

    Cuci wajah Anda mengikuti aturan Goldilocks yakni tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin, tetapi tepat. Air bersuhu tinggi membuat kulit Anda lembab. Ketika itu terjadi, kelenjar minyak kulit Anda mencoba menggantinya dengan menghasilkan lebih banyak minyak lagi. Jika demikian yang Anda lakukan, mungkin saja jerawat baru akan muncul di wajah Anda.

    9. Minyak kelapa

    Minyak kelapa memang kaya akan asam laurat, yang telah terbukti mampu melawan jerawat. Tapi sekitar 90 persen kandungannya adalah lemak jenuh, yang dapat menyumbat pori-pori Anda. Penelitian menunjukkan bahwa ini dapat membantu mengatasi kekeringan atau eksim yang parah tetapi jauhkan minyak kelapa dari wajah Anda. (Sandra Odilifia).




    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id