Jangan Sepelekan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

    Dhaifurrakhman Abas - 11 Januari 2019 15:56 WIB
    Jangan Sepelekan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening
    Apa dan bagaimana kelenjar getah bening? Ketahui lebih jauh lagi. (Foto: Ilustrasi. Dok. /Unsplash.com)
    Jakarta: Jika merasa beberapa bagian tubuh menonjol, sebaiknya jangan dianggap sepele. Apalagi jika disebabkan pembengkakan kelenjar getah bening.

    Sebabnya pembengkakan bisa menjadi pertanda bahwa tubuh sedang diserang bakteri atau virus. Seperti radang tenggorokan, TBC hingga HIV-AIDS.

    Menurut Mayo Clinic, tubuh yang terpapar virus dan bakteri lantas membengkak karena sedang berupaya melakukan perlawanan. Menjebak virus dan bakteri agar tak menginfeksi ke seluruh tubuh.

    Jangan Sepelekan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening
    (Jika merasa beberapa bagian tubuh menonjol, sebaiknya jangan dianggap sepele. Apalagi jika disebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Foto: Ilustrasi. Dok. Joao Silas/Unsplash.com)

    (Baca juga: Mengobati Bengkak pada Kelenjar Getah Bening)

    Anda mungkin melihat pembengkakan kelenjar getah bening pada bagian leher, bawah dagu dan ketiak. Virus dan bakteri yang menyerang organ genital seperti penyakit menular seksual juga bisa menyebabkan pembengkakakan di bagian selangkangan.

    Dalam beberapa kasus, kelenjar getah bening bisa mengempis dengan sendirinya. Atau bisa melakukan perawatan sendiri dengan kompres menggunakan air hangat.

    Namun jika tak mengempis lebih dari dua minggu, segera kunjungi dokter. Biasanya Anda akan mendapat pengobatan limfadenitis tergantung pada penyebabnya.

    Jika tak diobati, dikhawatirkan tubuh akan mengalami komplikasi serius. Seperti pembentukan abses atau nanah berisi cairan, dan infeksi aliran darah (bakteremia).



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id