Pemicu Eksternal dari Migrain

    Sunnaholomi Halakrispen - 21 Oktober 2019 13:58 WIB
    Pemicu Eksternal dari Migrain
    Beberapa hal di sekitar Anda bisa memicu migrain. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Migrain merupakan kondisi aktual dan sakit kepala menjadi gejala gangguannya. Jika Anda mengalami sakit kepala migrain, Anda tahu betapa sulitnya rasa sakit itu dilewati karena Anda tidak bisa menghindarinya.

    Serangannya pun tidak diketahui kapan datangnya dan kapan kondisi tersebut akan memburuk. Tapi, beberapa hal di sekitar Anda bisa memicu migrain. Ketahuilah agar Anda bisa mengantisipasinya.

    1. Komputer

    Duduk di depan laptop, desktop, atau handphone dalam waktu lama dapat memicu migrain dan sakit kepala tegang. Hal ini diyakini benar terlebih jika Anda memiliki monitor dengan resolusi rendah, karena bisa memberikan tekanan lebih pada mata.

    Untuk menanganinya, letakkan layar pelapis anti silau di atas monitor Anda. Pastikan tidak ada pantulan dari matahari yang menyentuh layar komputer tersebut.

    Kemudian, gunakan ukuran font yang lebih besar. Postur yang baik juga penting untuk mengurangi stres pada kepala, leher, dan bahu Anda. Jangan lupa untuk menjauh dari komputer selama beberapa menit setiap jam.

    2. Cahaya terang

    Sensitivitas terhadap cahaya disebut fotofobia. Lampu neon atau lampu berkelap-kelip bisa menyalakannya. Kedipan lambat, khususnya, dapat mengiritasi sel-sel otak Anda.

    Saat Anda berada di luar, sinar matahari yang memantulkan air atau tiba-tiba menerobos awan juga dapat memicu migrain. Solusinya, kacamata hitam dengan lensa terpolarisasi dapat membantu meredupkan cahaya.

    Pemicu Eksternal dari Migrain
    (Duduk di depan laptop, desktop, atau handphone dalam waktu lama dapat memicu migrain dan sakit kepala tegang. Foto: Pexels.com)

    3. Tekanan

    Hal-hal sehari-hari lebih cenderung menyebabkan migrain daripada stres yang disebabkan oleh sesuatu yang tiba-tiba atau mengubah hidup. Anda dapat membantu menghindari hal ini jika menerapkan pola makan sehat, berolahraga, tidur yang cukup.

    Kemudian, melakukan latihan relaksasi, seperti yoga, atau tai chi. Menghindari situasi yang membuat stres juga dapat membantu. Misalnya, jika mengemudi ke tempat kerja membuat Anda di bawah tekanan, pertimbangkan menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta.

    4. Kebisingan

    Kebisingan atau suara keras yang mengganggu juga pemicu migrain. Pola kebisingan tertentu juga bisa menjadi pemicu. Hal ini sering dapat menambah tingkat stres Anda.

    Solusi termudah yang akan membuat Anda rileks ialah dengan membaca atau mendengarkan musik. Jika Anda tahu Anda akan berada di tempat di mana suara keras biasa terjadi, kenakan penyumbat telinga.

    5. Melewatkan waktu makan

    Makanlah makanan ringan yang tidak sehat alih-alih menyanggal rasa lapar berlebih. Tapi yang terbaik, makanlah camilan kecil dan sehat serta pastikan Anda mengonsumsi cukup air. Kemudian, berhentilah minum kopi secara tiba-tiba jika Anda belum mengisi perut dengan makanan.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id