Iritis dan Uveitis, Radang Mata yang Picu Kebutaan

    Torie Natalova - 31 Mei 2019 09:58 WIB
    Iritis dan Uveitis, Radang Mata yang Picu Kebutaan
    Menurut optometri klinis Aaron Zimmerman, iritis adalah peradangan iris mata yaitu bagian berwarna. (Foto: Courtesy of Noel Vasquez/Getty Images)
    Uveitis dapat dipicu oleh trauma pada mata, masalah pasca bedah, penyakit autoimun atau penyebab yang tidak diketahui. Tetapi, ketika itu muncul di kedua mata dan parah, itu akan lebih cenderung disebabkan oleh kondisi autoimun. Orang dengan uveitis dapat mengalami penurunan penglihatan, rasa sakit, sensitivitas cahaya dan berair di bagian mata.


    Jakarta: Anggota girl band Spice Girls Melanie Brown alias Mel B mengungkapkan dirinya mengalami kebutaan sementara di salah satu matanya. Ia mengaku tidak dapat melihat dengan mata sebelah kanan dan mata kirinya pun kabur. Mel B menglami peradangan yang disebut iritis dan uveitis.

    Mel B mengatakan matanya mengalami rasa sakit yang luar biasa. Mata kanannya disebut mengalami iritis dan sebelah kirinya mengalami uveitis yang membuat pandangannya kabur. Ia harus mengonsumsi beberapa obat tetes mata dan lainnya untuk menjaga peradangan tidak semakin parah. Mel mengatakan dirinya harus menjalani perawatan hingga 3-4 bulan.

    Menurut optometri klinis Aaron Zimmerman, iritis adalah peradangan iris mata yaitu bagian berwarna. Iritis sebenarnya adalah bentuk uveitis yang merupakan istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok penyakit radang yang menyebabkan pembengkakan dan menghancurkan jaringan mata.

    Uvea terdiri dari iris, badan siliaris dan koroid yang menyuplai darah ke bagian retina. Peradangan di daerah tersebut dapat terjadi pada salah satu dari tiga atau ketiganya yang dapat menyebabkan uveitis.


    View this post on Instagram

    Thank you so much for all the lovely support and messages I’ve had about my eye. Just so you know the real truth. I had an awful experience last week when I went blind in my right eye and my left eye went blurry. Even though the stupid press said I’m ok and this has happened to me many times before, just to be clear I was NOT ok and this has NEVER EVER happened to me before,so who every is selling this story “a close reliable source” is full of BS and needs to get there silly facts right big time,I was actually in a lot of pain and very very scared but thanks to the incredible eye specialists in A&E at London’s Moorfields Hospital and after at Luton and Dunstable University Hospital I was diagnosed by and eye specialist with severe IRITIS in my right eye and UVEITIS in my left eye.I’m taking multiple prescription heavy duty eye drops and other medication the dr gave me that I have to take every day to keep the inflammation under control,Also I’m being so well looked after by Team Spice special thanks to our paramedics too!!im still dealing with it and will be fir the next 3/4 months to fully get it under control but I’m no longer worried that my condition will get worse. My only problem now is I have to find a very cool Scary eye patch. Does anyone - apart from Madonna - know where I can get one ?? #eyepatch Pls #takingcareofme thank you #nhs ????????

    A post shared by Scary Spice Mel b (@officialmelb) on


     

    Apa penyebab iritis dan uveitis?

    Uveitis dapat dipicu oleh trauma pada mata, masalah pasca bedah, penyakit autoimun atau penyebab yang tidak diketahui. Tetapi, ketika itu muncul di kedua mata dan parah, itu akan lebih cenderung disebabkan oleh kondisi autoimun.

    Orang dengan uveitis dapat mengalami penurunan penglihatan, rasa sakit, sensitivitas cahaya dan berair di bagian mata. Setiap orang dapat mengalami uveitis tapi lebih berdampak luas pada mereka yang berusia antara 20 dan 60 tahun.

    Masalah mata pada Mel B muncul sangat cepat, tetapi iritis dan uveitis dapat terjadi bertahap atau sangat cepat. Biasanya radang mata tidak nyaman sehingga pasien berusaha terlihat relatif cepat mengalaminya. 

    Perawatan untuk uveitis bervariasi tetapi dokter umumnya akan menggunakan obat tetes mata dan obat untuk menghilangkan peradangan, mengurangi rasa sakit, mencegah kerusakan jaringan lebih lanjut, dan mengembalikan segala kehilangan penglihatan yang mungkin Anda alami.






    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id