Beberapa Makanan yang Bisa Menyebabkan Balita Tersedak

    Raka Lestari - 06 November 2019 09:00 WIB
    Beberapa Makanan yang Bisa Menyebabkan Balita Tersedak
    Pada usia di bawah 3 tahun jalan napas seorang anak masih kecil, sehingga mudah tersumbat oleh potongan makanan yang tersangkut di tenggorokan. (Foto: Pexels)
    Jakarta: Melihat bayi Anda tersedak makanan membuat orang tua khawatir. Meski makanan tersebur memiliki banyak manfaat buat si buah hati, kalau tak tepat justru bisa membahayakan mereka.

    Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), tersedak adalah salah satu penyebab utama kematian anak-anak di bawah usia 3 tahun. Sebab jalan napas seorang anak yang masih kecil, sehingga mudah tersumbat oleh potongan makanan yang tersangkut di tenggorokan.

    Untuk mencegah anak Anda mengalami tersedak, berikut ini ada beberapa makanan yang bisa membuat anak Anda tersedak:

    -Hotdog

    Hotdog mungkin menjadi makanan paling berbahaya bagi anak-anak. Pernyataan itu menurut The New York Times.

    Bahkan menurut Dr Gary Smith, memotong hotdog seukuran koin lebih berbahaya daripada tidak memotongnya sama sekali. Sebab ukuran koin dengan mudah menyangkut di tenggorokan.

    -Marshmallow

    Marshmallow mungkin sangat disukai oleh anak-anak karena rasanya yang manis, plus memiliki tekstur yang kenyal. Akan tetapi, dilansir Nationwide Children’s Hospital, kekenyalan itu justrtu dapat berbahaya bagi anak-anak konsumsi.

    -Wortel mentah

    Banyak orang tua akan senang jika anak-anak mereka rela duduk untuk makan wortel. Tetapi jika Anda menyajikannya mentah-mentah sebaiknya patut waspada.

    Menurut Mott Children's Hospital, wortel mentah merupakan makanan yang berbahaya dan bisa menyebabkan anak tersedak. Jika Anda harus memberikannya, pastikan untuk memotongnya berbentuk potongan korek api ketimbang berbentuk bulat.

    -Pemen bertekstur keras

    Permen merupakan salah satu makanan yang juga disukai anak-anak, tetapi memberikannya permen yang memiliki tekstur keras bisa berhaya bagi anak-anak. Menurut Today’s Parent, berbagai jenis permen seperti permen karet, lollipop, atau permen coklat warna-warni dapat dengan mudah menghalangi jalan napas anak jika tersangkut di tenggorokan.

    -Apel

    Rutin mengonsumsi apel setiap hari dapat memiliki manfaat baik untuk kesehatan, tetapi bisa juga menyebabkan anak-anak tersedak. Kids Health memperingatkan bahwa apel mungkin terlalu keras bagi anak-anak di bawah usia 4 tahun untuk dikunyah dan ditelan secara benar. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan anak-anak balita selai apel.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id