Cara Menjaga Ginjal Tetap Sehat

    Timi Trieska Dara - 11 Februari 2020 08:30 WIB
    Cara Menjaga Ginjal Tetap Sehat
    NSAID adalah obat antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen dan naproxen. Mereka dapat merusak ginjal Anda jika Anda mengonsumsi terlalu banyak sekaligus atau terlalu sering. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Ginjal adalah organ penting dalam tubuh manusia. Organ ekskresi berbentuk mirip kacang ini berfungsi menyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama air dalam bentuk urin.

    Kebiasaan dan pola hidup dapat berdampak terhadap kesehatan ginjal. Berikut ini sejumlah cara untuk menjaga ginjal Anda tetap sehat, seperti dilansir WebMD:

    1. Jangan Berlebihan Obat Tertentu

    NSAID adalah obat antiinflamasi nonsteroid, seperti ibuprofen dan naproxen. Mereka dapat merusak ginjal Anda jika Anda mengonsumsi terlalu banyak sekaligus atau terlalu sering.

    Menggunakan inhibitor pompa proton (PPI) untuk maag atau GERD untuk waktu yang lama juga dapat meningkatkan peluang Anda terkena penyakit ginjal kronis. Anda hanya boleh meminumnya jika dokter mengatakan Anda membutuhkannya.

    2. Hati-hati dengan Antibiotik

    Obat penangkal bakteri ini dapat merusak ginjal Anda jika Anda menggunakannya terlalu sering. Kerusakan ginjal dapat terjadi bahkan jika Anda benar-benar sehat, meskipun lebih serius jika ginjal Anda tidak bekerja sebagaimana mestinya. Beberapa jenis antibiotik, seperti penisilin, sulfonamid, dan sefalosporin, lebih cenderung menyebabkan masalah.

    3. Abaikan Suplemen Herbal

    Pembuat suplemen tidak membuktikan produk mereka aman, dan beberapa dapat merusak ginjal Anda. Ini bisa sangat berbahaya jika Anda memiliki penyakit ginjal karena dapat memperburuk kondisinya atau memengaruhi cara kerja beberapa obat. Bicarakan dengan dokter Anda sebelum mencoba suplemen herbal apa pun.

    4. Makan yang sehat

    Ginjal Anda memproses semua yang Anda makan atau minum, termasuk apa pun yang buruk bagi Anda, seperti banyak lemak, garam, dan gula. Seiring waktu, diet yang buruk dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, dan kondisi lain yang sulit pada ginjal Anda. Diet sehat dengan banyak mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian, dan jauhi atau kurangi makanan olahan.

    5. Awasi Garam Anda

    Mineral ini mempengaruhi manusia dengan berbagai cara. Bagi sebagian orang, garam dapat meningkatkan jumlah protein dalam urin mereka. Itu bisa membahayakan ginjal atau memperburuk penyakit ginjal jika Anda sudah memilikinya. Banyak garam juga meningkatkan kemungkinan tekanan darah tinggi, penyebab khas penyakit ginjal, dan batu ginjal, yang bisa sangat menyakitkan dan mungkin menyebabkan kerusakan tanpa perawatan.

    6. Minumlah Air yang Cukup

    Air putih membantu mendapatkan nutrisi penting ke ginjal Anda dan memindahkan sampah ke kandung kemih dalam bentuk urin. Jika Anda tidak minum air putih yang cukup, saringan kecil di dalam ginjal Anda bisa dihentikan dan menyebabkan batu ginjal dan infeksi. Bahkan dehidrasi ringan dapat merusak ginjal Anda jika itu terjadi cukup sering. Minum 4 hingga 6 gelas sehari biasanya, tetapi Anda mungkin perlu lebih banyak jika sakit atau setelah panas dan berkeringat.

    7. Olahraga

    Sama seperti diet sehat, olahraga membantu mencegah kondisi seperti diabetes dan penyakit jantung yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Tapi jangan mencoba beralih dari kebiasaan mengemil ke olahraga dalam sehari. Terlalu banyak berolahraga juga dapat merusak ginjal Anda jika Anda belum siap. Lakukan 30 hingga 60 menit setidaknya 5 hari dalam seminggu. Mulai dengan perlahan jika Anda belum melakukannya dalam beberapa saat, dan tanyakan kepada dokter terlebih dahulu jika Anda memiliki masalah kesehatan.

    Selain itu, perlu lakukan pemeriksaan untuk mengetahui risiko Anda terhadap penyakit ginjal. Jauhi minuman beralkohol dan berhenti merokok.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id