Mengenal Avigan yang Sedang Dipesan Pemerintah untuk Melawan Virus Korona

    Kumara Anggita - 24 Maret 2020 15:45 WIB
    Mengenal Avigan yang Sedang Dipesan Pemerintah untuk Melawan Virus Korona
    Avigan memiliki aktivitas melawan berbagai virus RNA. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Mendengar berita semakin banyak orang yang terkena virus korona atau covid-19 setiap harinya membuat hati semua orang merasa sedih. Namun akhirnya ada kabar baik yang bisa Anda jadikan harapan di mana pemerintah akhirnya memesan obat avigan untuk melawan virus korona.

    Untuk itu, ada baiknya Anda mengenal sedikit tentang obat avigan ini. Berikut penjelasannya yang dilansir dari Good News From Indonesia. Avigan adalah obat Favipiravir yang berasal dari Jepang. 

    Favipiravir, atau yang dikenal dengan nama Avigan dan favilavir adalah obat antivirus yang dikembangkan di Tokyo oleh Fujifilm Toyama Chemical. Obat ini memiliki aktivitas melawan berbagai virus RNA. 

    Sebelumnya, avigan ini dibuat untuk mengobati virus influenza. Namun sejak bulan lalu obat ini digunakan untuk pengobatan eksperimental  pasien covid-19.

    Avigan di Tiongkok

    Obat ini sudah pernah digunakan oleh negara dengan pasien korona terbanyak yaitu Tiongkok. Avigan diuji pada 320 pasien di daerah Wuhan dan Shenzhen. 

    Ditemukan bahwa pasien yang meminumnya dinyatakan negatif dari korona empat hari setelah mengonsumsinya. Tanpa minum obat ini, membutuhkan setidaknya 11 hari untuk penyembuhan.

    Tak hanya itu, para peneliti menemukan bahwa kondisi paru-paru membaik pada sekitar 91 persen pasien yang mengosumsinya, dibandingkan dengan 62 persen dari mereka yang tidak menggunakannya.

    Avigan di Jepang

    Di Jepang, Avigan juga sudah diuji cobakan dalam stdui klinis pasien covid-19. Dokter di Jepang menggunakan obat yang sama dalam studi klinis pada pasien covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang. 

    Namun kementerian kesehatan menyatakan bahwa obat itu tidak efektif untuk orang yang gejalanya sudah parah. Obat ini masih terus dikembangkan hingga sekarang.

    Semoga dengan kedatangan obat ini, para pasein korona bisa dengan cepat diatasi dan para tenaga medis bisa lebih mudah menanganinya. Untuk Anda yang belum terkena korona, pastikan Anda melakukan social distancing. Bekerja, bermain, belajar, beribadah di rumah saja!



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id