Tanda-tanda Sistem Kekebalan Tubuh Anda Lemah

    Raka Lestari - 02 April 2020 07:00 WIB
    Tanda-tanda Sistem Kekebalan Tubuh Anda Lemah
    Berikut ini adalah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa sistem imun tubuh Anda sedang melemah. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Memberi perhatian pada tubuh Anda adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri untuk menghindari tubuh Anda dari sakit. 

    Dan mengetahui tanda-tanda sistem kekebalan yang lemah dapat membantu Anda menghindari beberapa penyakit seperti flu. Tanda-tanda sistem imun tubuh yang lemah tersebut sangat penting sehingga Anda bisa berbicara dengan dokter sebelum semuanya terlambat.
     

    Dan berikut ini adalah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa sistem imun tubuh Anda sedang melemah:

     

    1. Flu terus menerus

    Untuk orang dewasa yang sehat, flu biasa bukanlah sesuatu yang serius. Pada umumnya orang dewasa mengalami flu sekitar satu hingga tiga kali setahun. Dalam jangka waktu itu, sistem kekebalan tubuh membutuhkan tiga hingga empat hari untuk mengembangkan antibodi dan melawan penyakit. 

    "Jika Anda mendapati lebih sering sakit daripada rata-rata atau penyakit itu bertahan lebih lama dari biasanya, itu bisa menjadi tanda sistem kekebalan yang melemah," kata Dr Navya Mysore, MD, dokter perawatan primer dengan One Medical.

    2. Kelenjar getah bening yang membengkak

    Kelenjar getah bening adalah kelenjar berbentuk kacang yang dapat ditemukan di seluruh tubuh Anda. kelenjar ini mudah terlihat di leher, pangkal paha, dan ketiak Anda. Saat mereka menyaring cairan getah bening, sel darah putih yang disebut limfosit membunuh bakteri dan partikel asing lainnya. 

    Kelenjar getah bening akan membengkak saat melawan infeksi atau cedera. Jika pembengkakan terus-menerus, ini mungkin berarti bahwa sistem kekebalan Anda mengalami kesulitan melawan penyakit atau infeksi.

    3. Infeksi berulang

    Setiap orang mengalami infeksi setiap saat. Di situlah antibiotik, cairan, dan waktu membantu tubuh bertambah kuat. Tetapi ketika sistem kekebalan tubuh melemah, maka tubuh akan mengalami infeksi berulang. 

    "Seseorang dengan sistem kekebalan yang lemah cenderung mendapatkan infeksi lebih sering daripada kebanyakan orang lain, dan penyakit ini mungkin lebih parah atau lebih sulit diobati," kata Dr Autumn Burnette, MD, asisten profesor di Divisi Alergi dan Klinik Imunologi di Universitas Howard.

    4. Luka yang lama sembuh

    Sistem kekebalan tubuh Anda mengendalikan kerusakan ketika Anda mendapatkan luka, goresan, atau luka bakar, katanya, mengirimkan darah yang kaya nutrisi untuk membantu tubuh Anda menyembuhkan dan meregenerasi kulit baru proses vital penyembuhan luka ini tergantung pada sel-sel kekebalan yang sehat.

    "Namun, jika sistem kekebalan tubuh Anda lemah, kulit Anda mungkin mengalami kesulitan regenerasi," kata Dr Mysore.



    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id