7 Hal yang Harus Dilakukan Pascapandemi Covid-19

    Kumara Anggita - 15 Mei 2020 09:47 WIB
    7 Hal yang Harus Dilakukan Pascapandemi Covid-19
    dr. Leonardi Goenawan, Sp.KJ Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa di RS Pondok Indah, Puri Indah dan RS Pondok Indah, Bintaro Jaya. (Foto: Dok. RSPI)
    Jakarta: Kita sudah melewati karantina covid-19 cukup lama. Ada yang masih stres dengan kondisi ini dan ada pula yang sudah beradaptasi.

    Menurut dr. Leonardi Goenawan, Sp.KJ Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa di RS Pondok Indah, Puri Indah dan RS Pondok Indah, Bintaro Jaya, orang yang sudah beradaptasi artinya sudah pada tahap penerimaan (dengan standar normal yang baru).

    “Maka akhirnya timbul sikap penerimaan tanpa syarat terhadap kondisi yang ada, dengan diikuti oleh berbagai perubahan dalam pola hidup dan kebiasaan," ungkap dr. Leonardi.

    "Kemampuan adaptasi seseorang membuatnya mampu untuk mengembangkan kebiasaan-kebiasaan baru. Juga memandang kehidupan dengan cara yang lebih realistis terhadap situasi yang sebelumnya dianggap sebagai disrupsi pada semua aspek kehidupannya,” paparnya.

    Saat Anda sudah pada tahap ini, maka Anda mulai terbiasa dengan kondisi the new normal. Seharusnya, Anda sudah tak cemas lagi, bahkan sudah mulai nyaman dengan semua perubahan yang berhubungan dengan adanya pandemi.

    “Kehidupan Anda sudah mulai kembali produktif dan menyenangkan untuk dijalani,” ungkap dr. Leonardi.

    Agar Anda bisa tetap tenang menjalankan kehidupan new normal pascapandemi covid-19 ini, Dokter Leonardi menganjurkan Anda melakukan tujuh hal antara lain:

    -Menjaga kesehatan fisik dan mental seoptimal mungkin.

    -Sikap menerima tanpa syarat dan realistis.

    -Memelihara optimisme dan menyadari sepenuhnya bahwa hidup itu dinamis.

    -Jangan pernah berhenti untuk belajar sesuatu yang baru.

    -Melihat ke belakang hanya sebagai referensi dan belajar dari kesalahan di masa lalu.

    -Fokus pada progress bukan pada kesempurnaan.

    -Langkah kecil selalu lebih baik daripada tidak melangkah sama sekali.

    Tentunya ini adalah tindakan yang tak mudah, karena dibutuhkan usaha dan kesabaran dalam prosesnya. Yang terpenting sekarang adalah kesehatan jiwa Anda. Lakukan ini demi menjaganya.

    “Kesehatan jiwa Anda pada masa pandemi COVID-19 perlu Anda perhatikan. Apabila tidak, dapat berdampak pada memburuknya relasi dengan sesama dan kesehatan fisik Anda,” jelasnya.

    “Apabila Anda memerlukan pertolongan dari tenaga profesional untuk menjalani masa pandemi ini, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kedokteran jiwa atau psikolog,” pungasknya.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id