6 Bahan Alami untuk Tangani Sakit Gigi

    Sunnaholomi Halakrispen - 17 September 2020 06:04 WIB
    6 Bahan Alami untuk Tangani Sakit Gigi
    Ada enam bahan alami untuk menangani sakit gigi. Namun, Anda juga harus konsultasi dengan dokter gigi sebelum menggunakannya. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Jika sakit gigi, penting untuk mencari tahu apa yang menjadi akar ketidaknyamanan Anda. Dari sana, Anda dapat menentukan cara terbaik untuk meredakan nyeri, bengkak, atau gejala lainnya. Sembari mendeteksi, Anda bisa menanganinya dengan bahan alami.

    Jika gejala yang Anda rasakan menetap selama lebih dari satu atau dua hari, temui dokter gigi. Mereka dapat memberikan panduan tentang cara meredakan gejala Anda dan mencegah rasa sakit di masa mendatang.

    Dikutip dari Healthline, ada enam bahan alami untuk menangani sakit gigi. Namun, Anda juga harus konsultasi dengan dokter gigi sebelum menggunakan salah satu pengobatan berikut, jika Anda hamil, menyusui, atau memiliki kondisi medis yang mungkin dipengaruhi oleh ramuan herbal.

    1. Kantong teh peppermint

    Kantong teh peppermint dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan menenangkan gusi yang sensitif. Untuk menggunakannya, biarkan kantong teh bekas menjadi hangat sebelum mengaplikasikannya ke area gigi yang sakit.

    Anda juga bisa menggunakan yang dingin. Untuk melakukannya, masukkan kantong teh bekas ke dalam freezer selama beberapa menit untuk mendinginkannya dan kemudian tempelkan kantong tersebut ke gigi Anda.

    2. Bawang putih

    Selama ribuan tahun, bawang putih telah dikenal dan digunakan untuk khasiat pengobatannya. Tidak hanya dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi, tetapi juga dapat bertindak sebagai pereda nyeri.

    Caranya, hancurkan satu siung bawang putih untuk dijadikan pasta dan oleskan ke area gigi yang sakit. Anda mungkin ingin menambahkan sedikit garam. Sebagai alternatif, Anda bisa mengunyah satu siung bawang putih segar secara perlahan.

    3. Ekstrak vanili

    Ekstrak vanila mengandung alkohol yang dapat membantu meredakan nyeri. Sifat sumber terpercaya antioksidan yang terbukti juga membuatnya menjadi penyembuh yang efektif.
    Cara menggunakannya, oleskan sedikit ekstrak vanili ke jari Anda atau bola kapas. Oleskan langsung ke area yang terkena beberapa kali sehari.

    4. Daun jambu biji

    Daun jambu biji memiliki khasiat anti inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka. Juga memiliki aktivitas Sumber Tepercaya antimikroba yang dapat membantu perawatan mulut.
    Penggunaannya, kunyah daun jambu biji segar atau tambahkan daun jambu biji yang dihancurkan ke air mendidih. Gunakan untuk membuat obat kumur.

    5. Wheatgrass

    Wheatgrass atau rumput gandum memiliki khasiat penyembuhan yang tak terhitung jumlahnya. Selain itu, juga dapat bekerja untuk menyembuhkan tubuh Anda dari dalam jika dikonsumsi secara internal. 

    Rumput gandum dapat meredakan peradangan di mulut Anda dan mencegah infeksi. Kandungan klorofilnya yang tinggi juga bisa melawan bakteri. Untuk menggunakannya, cukup gunakan jus rumput gandum (diblender bersama air) sebagai obat kumur.

    6. Timi

    Thyme atau timi juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang kuat. Bahan herbal ini merupakan sumber tepercaya yang dapat membantu mengobati sakit gigi.

    Cara penggunaannya, oleskan beberapa tetes minyak esensial thyme dan beberapa tetes air ke bola kapas. Setelah mengencerkan minyak dengan air, oleskan ke area yang terkena. Anda juga bisa menambahkan setetes minyak ke segelas kecil air untuk dijadikan obat kumur.



    (YDH)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id