Lima Kesalahan Olahraga yang Perlu Dihindari

    Sri Yanti Nainggolan - 01 September 2018 14:38 WIB
    Lima Kesalahan Olahraga yang Perlu Dihindari
    (Foto: Reader Digest)
    Jakarta: Meskipun rutin dilakukan, beberapa orang merasa olahraga tak memberi perubahan pada tubuh mereka. Kemungkinan, penyebabnya adalah kesalahan saat beraktivitas fisik. 

    Berikut adalah beberapa kesalahan dasar yang membuat target dalam berolahraga tak tercapai seperti dilansir dari The Health Site

    1. Tidak konsisten

    Konsistensi adalah kunci.  Tubuh membutuhkan beberapa saat untuk membiasakan rutinitas yang ketat. Jadi ketika Anda menghentikannya, tubuh Anda akan kembali ke dasar. 

    Buatlah jadwal olahraga dan patuhi. Misalnya, berolahrga empat kali seminggu untuk menurunkan berat badan. Cobalah untuk tidak bolos, meski hanya sekali. 

    2. Makan berlebihan

    Olahraga bukan berarti bisa makan sesukanya karena ada kalori yang sudah terbakar. Asupan makan tetap harus dijaga supaya tak berlebihan. 

    3. Hanya satu jenis olahraga

    Jangan menggunakan metode pelatihan yang berat sebelah. Lakukan campuran latihan kardio, treadmill, lari, Pilates atau yoga. Selain itu, jangan lupa untuk mengubah rutinitas setelah interval yang sama. Hal tersebut akan membantu dalam pembentukan tubuh secara keseluruhan. 

    4. Tidak peregangan

    "Selama sesi latihan, ada kemungkinan akumulasi asam laktat atau lebih. Untuk menghindari hal ini dan juga untuk menghindari asam otot yang tertunda, kami merekomendasikan sesi pemanasan. Aktivitas ini membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah sebelum beraktivitas. Dan setelah beraktivitas, pemanasan membantu merilekskan otot-otot," kata ahli gizi olahraga Pooja Udeshi dari Rumah Sakit Kokilaben Dhirubhai Ambani.

    5. Dehidrasi

    Tubuh memerlukan cairan yang cukup agar berfungsi dengan baik. Air mengatur suhu tubuh dan melumasi sendi. Cairan juha memainkan peran penting dalam mengangkut nutrisi ke seluruh bagian tubuh untuk membuat tetap energik dan sehat.

    Lihat video:






    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id