Penyakit yang Dihadapi oleh Perempuan 40 Tahun ke Atas

    Kumara Anggita - 21 Februari 2020 18:36 WIB
    Penyakit yang Dihadapi oleh Perempuan 40 Tahun ke Atas
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Berbeda dengan mereka yang berusia 20-an, perempuan usia 40 tahun ke atas memiliki masalah kesehatan tersendiri. Dilansir Woman’s Day, masalah kesehatan yang dialami perempuan 40 tahun ke atas biasanya terkait masalah tulang dan ovarium.

    Dokter Janet Adeniran dari Novant Health Waverly Pediatrics & Primary Care di Charlotte, North Carolina mengatakan bahwa, perempuan harus mulai mengambil langkah-langkah untuk merawat tulang agar terjaga kesehatannya. Ini karena perempuan pada usia ini cenderung mengalami rheumatoid arthritis dibandingkan dengan pria. Hal ini terkait dengan kondisi autoimun.

    “Di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sendi tubuh," kata Dr. Adeniran.

    Gejalanya adalah nyeri sendi dan bengkak, terutama pada pagi hari. Untuk membantu mencegah osteoporosis, penyakit yang melemahkan tulang, ia menyarankan para perempuan menjadwalkan dua hingga tiga sesi latihan kekuatan setiap minggunya, bersama dengan latihan beban dan latihan kardiovaskular.

    Tak hanya itu, perempuan berusia 40 tahun ke atas juga bisa berisiko terkena stroke, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Oleh karena itu, mulailah untuk menjaga pola makan yang sehat bersama dengan melakukan aktivitas fisik yang teratur.

    Sementara, ada pula vulvovaginitis atau peradangan vulva dan vagina yang disebabkan oleh infeksi, yang merupakan salah satu masalah ginekologis yang paling umum pada perempuan berumur. Perempuan berusia 40-an juga lebih berisiko terkena kanker payudara, ovarium, dan endometrium.

    Dr. Adeniran menyebutkan bahwa saat ini belum ada langkah skrining untuk kanker ovarium atau endometrium. Namun, pada usia 40, American Cancer Society dan American College of Obstetricians dan Gynaecologists menyarankan, setidaknya melakukan skrining kanker payudara dengan mammogram.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id