Jumlah Konsumsi Air yang Dibutuhkan Anak-anak

    Sunnaholomi Halakrispen - 26 Mei 2020 17:05 WIB
    Jumlah Konsumsi Air yang Dibutuhkan Anak-anak
    Anak-anak membutuhkan konsumsi air mineral untuk menjaga daya tahan tubuh dan kondisi kesehatan mereka. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Anak-anak membutuhkan konsumsi air mineral untuk menjaga daya tahan tubuh dan kondisi kesehatan mereka. Baik itu ketika beraktivitas di sekolah, tempat les, taman bermain, bahkan ketika hanya berada di rumah di tengah pandemi covid-19.

    Dikutip dari WebMD, sebuah pepatah lama mengatakan kita semua harus minum 8 gelas sehari, tetapi dalam kenyataannya, pedoman bervariasi. Beberapa publikasi ilmiah mengatakan rasa haus bisa menjadi panduan Anda, tetapi Academy of Nutrition & Dietetics mengatakan itu bukan ide yang baik untuk anak-anak.

    "Anak-anak yang sering mengeluh kehausan mungkin kurang minum. Karena jika Anda mengalami kehausan, Anda mungkin sudah mengalami dehidrasi," ujar Kristi King, ahli gizi diet terdaftar dan ahli gizi senior di Texas Children's Hospital di Houston.

    "Indikator yang bagus adalah Memastikan urin mereka berwarna kuning pucat dan bukan berwarna kuning tua. Anda mungkin juga bisa tahu dari suasana hati mereka," tambahnya.

    Ia memaparkan bahwa anak yang terhidrasi dengan baik biasanya memiliki energi yanh cukup. Begitu pula sebaliknya, jika mereka mengalami dehidrasi, mereka akan merasa mengantuk, rewel, atau lebih murung dari biasanya.

    CHOC Children, sebuah rumah sakit di California, merekomendasikan anak-anak untuk minum satu gelas air (8 ons atau 250 mililiter) sehari berdasarkan tahun. Misalnya, anak berusia 2 tahun harus minum 2 gelas sehari. Anak usia 8 tahun harus mengonsumsi 8 gelas. Anak-anak berusia 9 dan lebih tua juga harus mengonsumsi 8 gelas.

    The Academy of Nutrition & Dietetics mengatakan orang tua juga perlu memerhatikan seberapa banyak air yang diminum anak-anak mereka pada saat sebelum, selama, dan setelah melakukan aktivitas fisik, terutama dalam cuaca panas. Kelompok nutrisi merekomendasikan setengah cangkir hingga 2 gelas air setiap 15 hingga 20 menit selama berolahraga.

    Sementara itu, menjaga agar anak-anak terhidrasi dengan baik telah lama menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Erica L. Kenney, ScD, asisten profesor di Sekolah Kesehatan Masyarakat Harvard T. H. Chan telah melakukan penelitian di bidang ini selama beberapa tahun. 

    Kenney dan timnya melihat status hidrasi anak-anak dan remaja di Amerika Serikat mulai dari tahun 2009 hingga 2012 untuk penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health pada 2015. Hasilnya, sekitar setengah (54,5 persen) dari lebih dari 4.000 peserta yang berusia antara 6 tahun dan 19 tidak terhidrasi dengan baik.



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id