Mengapa Baby Yoda Begitu Menggemaskan

    Kumara Anggita - 25 November 2019 10:51 WIB
    Mengapa Baby Yoda Begitu Menggemaskan
    Secara psikologis Anda bisa bersuara "aaa..." pada hal-hal kecil dan bayi-bayi yang lucu. Temukan jawabannya. (Foto: Dok. Lucasfilm/Disney Plus)
    Jakarta: Saat ini internet digemparkan dengan kelucuan baby Yoda dari Star Wars. Melihat wajahnya membuat hati Anda meleleh seketika. Namun mengapa baby Yoda bisa memberikan efek psikologis seperti ini pada Anda? Berikut penjelasannya.

    Menurut beberapa penelitian yang dilansir dari Bustle, Anda jadi sangat bereaksi pada sesuatu yang memiliki fitur kekanak-kanakan (baby Yoda) seperti kepala besar, wajah bulat, dan mata besar.

    Hal ini membuat manusia termotivasi untuk merawat bayi-bayi di dunia, dan dengan demikian meningkatkan peluang mereka untuk bertahan hidup.

    "Setiap fitur yang mengingatkan kita pada bayi akan menarik kita. Itu adalah naluri orang tua alami kita untuk melindungi atau setidaknya merasa terhubung dengan bayi," jelas Psikolog Klinis, Joshua Klapow, PhD.

    "Respons otomatis, pengasuhan, dan orang tua ini tertanam, membuat kita terhubung dengan anak kecil (manusia), dan digeneralisasikan kepada anak muda spesies lain,” lanjutnya.

    Itu sebabnya Anda mungkin tidak bisa menahan diri di sekitar anak anjing atau anak kucing, berkat mata besar dan kepala bulat mereka. Dan Baby Yoda tentu saja memberikan getaran yang sama. 

    Mengapa Baby Yoda Begitu Menggemaskan
    (Anda jadi sangat bereaksi pada sesuatu yang memiliki fitur kekanak-kanakan (baby Yoda) seperti kepala besar, wajah bulat, dan mata besar. Hal ini membuat manusia termotivasi untuk merawat bayi-bayi di dunia. Foto: Dok. Bustle.com)

    Studi lain dari Universitas Oxford menemukan bahwa bayi tidak hanya terlihat lucu, tetapi menarik bagi indra kita yang lain. Mereka membuat suara yang menawan, dan juga berbau harum. 

    Baby Yoda sendiri membuat suara yang menggemaskan. Para peneliti mengungkapkan itu semua merupakan kekuatan biologis yang kuat dan menarik bagi semua orang.

    "Makhluk seperti Baby Yoda bukan dari spesies kita tetapi kecil, memiliki mata besar, terlihat tidak bersalah, dan terlihat muda," kata Klapow. 

    "Kita tidak bisa menahan diri. Naluri pengasuhan kita terpicu dan kebanyakan dari kita akan menemukan makhluk ini cukup menggemaskan,” lanjutnya.

    Sekarang Anda sudah tahu mengapa Anda jatuh cinta dengan baby Yoda yang menggemaskan. Ini adalah hal yang wajar. 





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id