Mengapa Anda Masih Merasa Lapar setelah Makan?

    Raka Lestari - 25 Desember 2019 06:04 WIB
    Mengapa Anda Masih Merasa Lapar setelah Makan?
    Alasan mengapa Anda merasa lapar meskipun sudah makan bukanlah karena porsi yang kurang. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Setelah makan, terutama dalam porsi yang cukup besar tentu akan membuat Anda merasa kenyang. Akan tetapi apa yang terjadi jika setelah Anda makan, Anda tetap merasa lapar? Bahkan Anda merasa bahwa makanan yang dikonsumsi tidak pernah cukup untuk membuat Anda kenyang.

    Dilansir dari refinery29, alasan mengapa Anda merasa lapar meskipun sudah makan bukanlah karena porsi yang kurang tetapi ada hubungannya dengan kondisi perut Anda seperti berikut ini:

    Komposisi makanan yang tidak seimbang

    "Kemungkinan besar Anda tidak mengonsumsi makanan seimbang," kata Mascha Davis, RDN, pendiri Nomadista Nutrition.

    Mungkin saja karena terlalu sedikit kalori, atau kekurangan makanan berserat tinggi seperti biji-bijian dan sayuran, lemak sehat seperti alpukat atau kacang-kacangan, atau protein seperti kacang atau daging tanpa lemak. Nutrisi tersebut memainkan peran yang berbeda dalam membuat Anda kenyang, jadi jika kekurangan salah satunya mungkin Anda akan selalu merasa lapar.

    Anda makan makanan yang cepat dicerna

    Davis mengatakan bahwa beberapa makanan dicerna dengan cepat, seperti karbohidrat olahan. "Mereka membuat gula darah Anda naik dengan cepat, dan turun dengan cepat dan efeknya dapat membuat Anda merasa lapar, meskipun Anda sudah makan cukup," kata Davis. 

    Untuk menghindari hal ini, ada baiknya Anda menambahkan makanan yang dicerna lebih lambat seperti biji-bijian dan sayuran. 

    Anda kekurangan protein

    Davis mengatakan bahwa salah satu alasan utama kliennya masih merasa lapar adalah karena mereka tidak makan cukup protein. Makanan kaya protein membantu mengurangi kadar hormon ghrelin, yang membuat Anda merasa lapar. Kacang-kacangan, tahu, dan ayam adalah sumber yang baik untuk protein.

    Anda kurang minum air putih 

    Dehidrasi dapat menyebabkan gejala yang sama seperti rasa lapar. Menurut laporan Journal of Natural Science, Biology, and Medicine, sekitar 50 orang diminta minum 0,5 liter air 30 menit sebelum makan. Dan setelah delapan minggu, para peserta melaporkan merasa kurang lapar secara keseluruhan.

    Anda membayangkan dessert 

    Rasa lapar yang Anda rasakan mungkin disebabkan karena keinginan Anda untuk makan dessert sebagai pelengkap. Oleh karena itu, mengonsumsi dessert dalam jumlah cukup masih diperbolehkan untuk menambah kepuasan Anda setelah makan makanan berat.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id