Mengatur Jadwal Makan demi Mendapatkan Berat Badan Ideal

    Dhaifurrakhman Abas - 03 Juni 2019 07:00 WIB
    Mengatur Jadwal Makan demi Mendapatkan Berat Badan Ideal
    Bukan hanya soal apa yang dimakan, tapi bagaimana cara kita mengatur jadwal makan. (Foto: Adrienn/Pexels)
    Orang kerap kali melakukan diet demi mendapatkan tubuh ideal. Tapi sangat jarang untuk mengatur asupan makanan tiap harinya.

    Jakarta:
    Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal. Misalnya saja dengan rajin berolahraga dan melakukan program diet dengan memilah makanan.
    Namun ada salah satu cara penting lainnya yang barangkali sering luput dari perhatian. Cara tersebut adalah mengatur jadwal untuk mengonsumsi asupan makanan.

    Dalam beberapa penelitian menyatakan bahwa orang yang memiliki jam makan yang baik cenderung mempunyai berat badan yang terkendali. Sebaliknya, orang yang memiliki jadwal makan yang buruk justru berisiko mengalami kegemukan.

    Lantas, bagaimana aturan jadwal makanan yang tepat untuk mendapatkan berat badan ideal? Berikut penjelasannya, melansir Times of India.

    1. Sarapan

    Sarapan adalah bagian terpenting dari pola makan ideal. Sebab Itu para ahli selalu menganjurkan untuk mengonsumsi sarapan tinggi protein antara pukul 6 hingga 10 pagi ketika mencoba menurunkan berat badan.

    Pola makan dengan waktu ini membantu mengurangi risiko penumpukan lemak di tubuh. Selain itu, sarapan pada pukul 6 hingga 10 pagi membantu Anda menekan rasa lapar sepanjang hari.

    Ahli gizi, Niti Desai, juga merekomendasikan Anda untuk sarapan dalam periode waktu tersebut. Menurut dia, sesuai data dari National Weight Control Registry, sekitar 80 persen orang yang melakukan rutinitas ini mampu menurunkan berat badan 15 kg lebih banyak daripada yang tidak melakukannya.

    2. Camilan sebelum makan siang

    Mengonsumsi camilan usai sarapan hanya dilakukan tergantung apakah Anda merasa lapar atau tidak. Soalnya, tubuh membutuhkan minimal 4 jam untuk mencerna dan menyerap makanan yang kita makan.

    Jadi disarankan untuk menikmati camilan di pagi hari 2 hingga 4 jam setelah Andasarapan. Berpegang teguh pada kerangka waktu ini membantu Anda tetap kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama dan membuat energi tetap terjaga hingga sore hari.

    3. Makan siang

    Anda harus mencoba makan siang sebelum pukul 3 sore. Sesuai penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, makan siang pada jadwal tersebut mampu menghilangkan berat badan lebih banyak.

    4. Camilan usai makan siang

    Sama seperti waktu pagi, Anda harus makan camilan sekitar 2 hingga 4 jam setelah makan siang. Ngemil di antara waktu makan mencegah Anda makan berlebihan pada jadwal makan malam hari.

    Meski begitu, hindari mengonsumsi camilan yang berat. Cobalah mengonsumsi kacang, buah, dan smoothie. Meningkatkan asupan buah dan sayuran juga mempercepat proses penurunan berat badan Anda.

    5. Makan malam

    Anda hanya disarankan untuk makan ringan pada malam hari. Adapun jadwal yang paling tepat adalah sebelum pukul 7 malam.

    Sesuai penelitian yang dilakukan oleh Universitas Brigham Young, orang yang tidak mengonsumsi apa pun setelah pukul 7 malam mampu menurunkan berat badan lebih cepat.

    Kalaupun merasa lapar setelah jam 7 malam, mau tidak mau, tentu perut harus diisi. Namun usahakan untuk makan 2 jam sebelum tidur agar proses metabolisme tak membuat tidur Anda menjadi gelisah.

    Cara Sehat, Mudah dan Nyaman Mengontrol Berat Badan




    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id