Banyak Hal yang Dipertimbangkan Sebelum Mengonsumsi Suplemen

    Sunnaholomi Halakrispen - 22 Mei 2020 11:03 WIB
    Banyak Hal yang Dipertimbangkan Sebelum Mengonsumsi Suplemen
    Multivitamin bisa menjadi cara yang aman untuk meningkatkan nutrisi Anda. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Suplemen makanan termasuk vitamin, minyak ikan, herbal, mineral seperti kalsium, dan banyak lagi. Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengonsumsi suplemen. Namun sebelum membahasnya, apakah perlu untuk menusia mengonsumsinya?

    "Saya mendapatkan kekhawatiran ketika saya melihat orang mengambil suplemen hanya karena mereka telah membaca di suatu tempat bahwa suplemen sangat penting. Ketidakseimbangan dapat terjadi dan Anda mungkin tidak menyadarinya," ujar Linda Van Horn, profesor kedokteran pencegahan di Universitas Northwestern, dikutip dari WebMD.

    Makanan adalah cara terbaik untuk mendapatkan vitamin dan mineral Anda. Tetapi kadang-kadang sulit untuk makan cukup sayuran segar, buah-buahan, biji-bijian, dan pilihan sehat lainnya.

    Multivitamin bisa menjadi cara yang aman untuk meningkatkan nutrisi Anda. Kebanyakan orang sehat tidak membutuhkan suplemen. Tetapi beberapa orang mungkin memerlukan bantuan tambahan. Alasannya termasuk jika Anda lansia, minum obat-obatan tertentu, atau tidak memiliki akses mudah ke makanan sehat karena penghasilan atau tempat tinggal Anda.

    Maka, bicaralah dengan dokter Anda jika Anda sedang atau akan hamil. Anda mungkin tidak mendapatkan cukup zat besi dari makanan, terutama jika Anda mengalami morning sickness

    "Sebab, semua wanita yang sedang hamil atau berusaha hamil, harus mengambil asam folat. Vitamin prenatal memberi Anda bantal keselamatan tambahan," tutur Van Horn.

    Selain itu, bayi dan anak-anak mungkin memerlukan bantuan untuk mendapatkan vitamin D dan zat besi. Begitu pula jika Anda berusia lebih dari 50 tahun atau termasuk golongan lansia (lanjut usia). 

    Tubuh Anda mulai menyerap lebih sedikit vitamin D dan B12 seiring bertambahnya usia. Setelah Anda mencapai usia paruh baya, Anda mungkin perlu mengambil langkah ekstra untuk mendapatkan cukup.

    Para ahli sepakat tidak ada salahnya mengonsumsi multivitamin setiap hari. Tetapi jika Anda juga makan makanan dan minuman yang diperkaya, Anda mungkin akan melewati tingkat atas yang dapat ditoleransi untuk beberapa nutrisi. 

    Hal itu dapat meningkatkan kemungkinan efek samping Anda. Beberapa mungkin ringan, seperti mual. Tetapi juga ada kemungkinan terkena indikasi yang lainnya, seperti pendarahan, bisa serius.

    "Pada dosis tinggi, (suplemen) adalah obat-obatan," kata Donald Boyd, MD, ahli diet terdaftar dan asisten profesor kedokteran di Yale School of Medicine.

    Suplemen makanan tidak diatur seperti obat. Itu berarti tidak ada cara untuk mengetahui secara pasti apa yang ada di dalamnya. Selalu pastikan dokter Anda mengetahui obat apa pun yang Anda gunakan. Sebab, beberapa suplemen tertentu dapat mengganggu cara kerja obat yang Anda konsumsi saat mengidap sakit tertentu.

    Anda mungkin mengalami pendarahan lebih banyak selama operasi. Kemudian, anestesi mungkin tidak bekerja dengan cara yang benar jika berbarengan dengan waktu Anda mengonsumsi suplemen.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id