Sempat ODP, Dokter Ini Terbebas dari Covid-19 usai Jalani TLC

    Sunnaholomi Halakrispen - 15 Mei 2020 11:28 WIB
    Sempat ODP, Dokter Ini Terbebas dari Covid-19 usai Jalani TLC
    Ilustrasi-AFP
    Jakarta: Sejak pemerintah menegakkan isolasi di rumah bagi masyarakat sejak 16 Maret 2020, Warga Filipina telah bergabung dengan semakin banyak negara dalam pembatasan sosial wilayah maupun seluruhnya. Hal itu dalam upaya menekan penyebaran virus corona atau lebih dikenal covid-19.

    Sementara para tenaga medis dan sejumlah profesi lainnya harus tetap bekerja di luar rumah. Salah satunya Dr. Patricia B. Gatbonton, MD yang memiliki pekerjaan padat sebagai dokter. Ia harus meninggalkan rumah untuk terus memberikan perawatan kesehatan di rumah sakit swasta tempatnya bekerja.

    "Itu sampai kemarin, ketika rekan kami tertular dan memerintahkan saya pulang. Saya pada hari pertama, melakukan karantina sendiri sebagai orang dalam pemantauan (ODP), sampai hasil tes pasien kami keluar," ujarnya dikutip dari Manila Times.

    Terakhir kali Dr. Patricia mengambil cuti sebanyak dua minggu saat melakukan recovery dari operasi tahun lalu. Sebelum itu, paling tidak ia mengambil 8 hari untuk menghadiri konvensi medis dengan beberapa hari yang ekstra dengan teman-teman di New York.

    Patricia pun memiliki waktu selama dua minggu untuk isolasi diri di rumah. Lalu, apa saja yang bisa dilakukannya untuk menjaga kesehatan tubuh, pikiran, dan jiwa?

    Risiko demam kabin

    Orang yang merasa 'terkurung' di rumah rentan mengalami demam kabin. Kondisi merupakan reaksi klaustrofobik, bermanifestasi sebagai iritabilitas dan kegelisahan yang ekstrem, yang terjadi ketika seseorang atau kelompok berakhir di lokasi yang terisolasi atau soliter, atau terjebak di dalam ruangan di tempat-tempat terbatas untuk jangka waktu yang lama.

    Demi menghindari kegilaan yang menjadi-jadi, perlu mempertimbangkan beberapa tips agar tetap merasa sehat dan waras selama isolasi di rumah. Dr. Patricia menjelaskan, penerapan perubahan gaya hidup dengan TLC (Therapeutic Lifestyle Changes) merupakan solusi tepat.

    Sebab, melihat fakta bahwa penyakit gaya hidup mencakup hipertensi, obesitas, gangguan toleransi glukosa, penyakit arteri koroner dan otak, serta kadar kolesterol abnormal. Terlebih, berbahaya dalam hidup di zaman milenium sekarang ini.

    Sedangkan, ketika melihat jauh ke belakang, nenek moyang kita hidup dengan apa yang bisa mereka buru di hutan atau laut di sekitar mereka. Saat ini, makanan cepat saji, bisa saja tidak bergizi atau bergantung pada layanan pesan antar yang harus dipanaskan dalam microwave setibanya di lokasi kita berada.

    Selain itu, gen memang berperan dan kita tidak punya pilihan dengan apa yang diwariskan oleh orang tua kita. Tapi gaya hidup kita membuat kita semua dalam bahaya.

    "Sampai ilmu pengetahuan dapat memodifikasi ekspresi gen, satu-satunya pilihan kami adalah mengadopsi perubahan gaya hidup TLC untuk yang terbaik, mencegah, dan yang terburuk, menunda timbulnya penyakit ini. TLC melibatkan modifikasi diet, kontrol berat badan, peningkatan aktivitas fisik dan berhenti merokok," paparnya.

    Pilihan sehat

    Dr. Patricia menyatakan bahwa setelah pengumuman karantina di tengah masyarakat, banyak orang menimbun makanan dari luar negeri. Makanan kalengan seperti daging, sup, dan ikan, serta roti, biji-bijian pasta, juga susu.

    Di Manila, bukannya kekurangan kertas toilet. Justru malah toko-toko kehabisan daging kornet, hotdog, nugget ayam, roti hamburger, sarden kalengan dan tuna, serta mie ramen instan. Tentunya itu bukan pilihan makanan yang menyehatkan.

    "Selain itu, meskipun kami tidak bisa makan di tempat, banyak restoran tetap buka untuk dibawa pulang dan dikirim. Mengandalkan penyedia ini untuk makanan kami tidak praktis, mahal dan benar-benar buruk untuk Anda," tuturnya.

    Apa yang harus kita miliki untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dan menjaga kita tetap sehat? Sayuran hijau dan buah-buahan segar menjadi kunci karena kaya akan serat, vitamin, juga mineral. Selain itu, mengonsumsi kafein sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan tubuh masing-masing.

    "Saya peka terhadap kafein dan menghindarinya sepenuhnya. Pertimbangkan untuk mengganti cangkir kafein Anda dengan secangkir teh herbal, chamomile, peppermint, madu, dan jahe yang menenangkan, yang akan mengurangi kecemasan dan membantu Anda tidur lebih baik," paparnya.

    "Jangan menjadi kentang sofa yang nyaman berbaring di sofa dengan semangkuk keripik, segelas soda dingin, dam hanya jari-jari Anda yang berolahraga mengklik handphone dan remote control TV kabel. Sekarang kita berada di karantina paksa, Anda dapat menonton apa pun yang Anda inginkan," tambahnya.

    Jika Anda setuju dengan hal itu, maka Anda adalah salah satu dari 70 persen orang dewasa yang tidak berolahraga. Sedangkan gaya hidup yang tidak berolahraga memberikan Anda risiko serangan jantung dan stroke yang bahayanya sama dengan merokok.

    Berdasarkan american Diabetes Association, orang dewasa diimbau untuk melakukan aktivitas aerobik dalam 30 menit dengan intensitas sedang dan dilakukan dalam 5 hari tiap minggunya. Jika Anda kesulitan menemukan 30 menit yang jelas di hari sibuk, Anda dapat membaginya menjadi tiga blok 10 menit. Olahraga teratur dapat menurunkan risiko serangan jantung atau stroke hingga 50 persen.

    "Olahraga juga bermanfaat bagi gula darah (menurunkan A1c sebesar 10 persen hingga 20 persen), meningkatkan kolesterol HDL (baik) sebesar 30 persen, meningkatkan tekanan darah, membantu menurunkan berat badan, dan membantu mengelola kecemasan dan depresi," pungkasnya.

    Olahraga juga mengurangi risiko kanker payudara, usus besar dan prostat dan menunda timbulnya diabetes. Maka lakukanlah program latihan dengan memasukkan aktivitas aerobik seperti berlari, berjalan, bersepeda dan berenang, latihan kekuatan atau beban untuk meningkatkan massa otot dan kekuatan tulang serta peregangan.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id