Jaring Pengumpul Kabut yang Menghasilkan Air Bersih

    Raka Lestari - 08 Desember 2019 14:50 WIB
    Jaring Pengumpul Kabut yang Menghasilkan Air Bersih
    Jaring yang bisa menghasilkan air bersih. (Foto: Dok. Instagram Walt Spiegel/@waltspiegel)
    Jakarta: Air merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Dan CloudFisher, sebuah jaring besar yang dapat mengubah kabut menjadi air segar yang bisa diminum merupakan salah satu terobosan teknologi terbaru. 

    Sebuah proyek yang dilakukan oleh Aqualonis dan WaterFoundation menyediakan air bagi lebih dari 1.600 orang di dekat Gunung Boutmezguida di Ait Baamrane, Maroko, sehingga mereka tidak perlu berjalan berjam-jam untuk mendapatkan air bersih. 

    Proyek di Maroko tersebut merupakan salah satu tempat untuk mengumpulkan kabut yang akan diubah menjadi air bersih terbesar di dunia, dengan luas 1.682 meter persegi dan 30 jaring Cloudfisher. 


    (CloudFisher Sebuah proyek yang dilakukan oleh Aqualonis dan WaterFoundation menyediakan air bagi lebih dari 1.600 orang di dekat Gunung Boutmezguida. Foto: Dok. Instagram Ecotechstuff/@ecotechstuff)

    Cara kerja CloudFisher sendiri dengan mengumpulkan kabut yang ada di daerah tersebut. Begitu kabut terbentuk di daerah itu, kabut-kabut akan bergerak melalui jaring dan menghasilkan tetesan kecil air yang kemudian membentuk tetesan yang bergerak turun ke jaring. 

    Air yang terkumpul kemudian disimpan dalam tangki untuk menyediakan air minum bersih bagi penduduk setempat, yang juga digunakan untuk memproduksi makanan secara berkelanjutan.

    Jaring yang berfungsi untuk penangkap kabut ini bekerja paling baik di daerah kering, pesisir dan pegunungan, di mana kabut berada di ketinggian.





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id