5 Tanda bayi Anda Terlalu Kedinginan

    Raka Lestari - 04 Januari 2020 13:05 WIB
    5 Tanda bayi Anda Terlalu Kedinginan
    Bayi Anda merasa terlalu dingin jika Anda melihat tanda kemerahan tidak merata jika disentuh pada bagian tangan dan kaki mereka. (Ilustrasi/Pexels).
    Jakarta: Salah satu hal yang mungkin sulit ketika menjadi orang tua baru adalah mempelajari tanda-tanda yang diberikan bayi Anda. Sehingga sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui tanda apakah bayi Anda merasa lapar, lelah, sakit, dan lainnya.

    Beberapa tanda mungkin sulit dipahami, seperti mengetahui apakah bayi merasa terlalu kedinginan atau tidak.

    Namun tidak perlu khawatir karena berikut ini ada beberapa tanda yang bisa diperhatikan bahwa bayi Anda merasa terlalu kedinginan, seperti dilansir romper:

    Tangan dan kaki mereka terasa dingin

    “Bayi Anda merasa terlalu dingin jika Anda melihat tanda kemerahan tidak merata jika disentuh pada bagian tangan dan kaki mereka. Dan terasa dingin jika Anda menyentuhya. Anda juga bisa merasakan bagian belakang leher mereka dan jika dingin, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka kedinginan,” ujar Dr Gina Posner, dokter anak bersertifikat di MemorialCare Orange Coast Medical Center, California.

    Kulit pucat 

    Menurut Raising Children, jika bayi Anda kedinginan, mereka berpotensi memiliki kulit yang lebih pucat dari biasanya. Namun, jika ini disertai dengan tidak aktif dan menjadi lesu, ini bisa menjadi tanda hipotermia. “JIka ini terjadi, perlahan hangatkan mereka dengan selimut atau Anda bisa melakukan skin-to-skin dengan bayi Anda. Juga bisa menggunakan topi pada kepala mereka karena bayi kehilangan banyak panas dari kepala mereka,” ujar Dr Posner.

    Bayi menjadi rewel tanpa alasan yang jelas

    Pada tahap awal kedinginan, bayi Anda mungkin rewel sekalipun tidak ada yang salah. Jika ini terjadi, cukup tambahkan beberapa kaus kaki atau pakaian yang lebih hangat dan bayi Anda akan lebih nyaman.

    “Saya menyarankan orang tua memberikan lapisan pakaian ekstra pada bayi. Jadi, jika Anda mengenakan baju dan celana lengan panjang, maka mereka mungkin membutuhkan jaket di atasnya,” kata Dr Daniel Ganjian, seorang dokter anak di Providence Saint John’s Health Center, California.

    Bayi bersin 

    Dr Ganjian mengatakan, ketika bayi Anda mulai bersin, biasanya itu pertanda mereka kedinginan. "Ini disebabkan oleh respons yang terhubung dengan hipotalamus, bagian otak yang mengontrol suhu dalam tubuh. Ini sangat normal dan tidak ada hubungannya dengan virus flu,” terangnya.

    Bayi menjadi lebih diam 

    Salah satu tanda yang lebih berbahaya bahwa bayi Anda kedinginan adalah diam, tenang, dan lesu. Ini adalah tanda-tanda hipotermia pada bayi, yang tidak boleh diabaikan, karena tubuh bayi Anda tidak dapat memanaskan dirinya dengan baik pada saat ini, menurut Medicine Net.  

    “Ketika anak Anda menjadi pendiam dan tidak banyak bergerak, itu bisa berarti mereka terlalu dingin. Bawa mereka ke dalam rumah dan lakukan skin-to-skin, sambil menyelimuti mereka,” tambah Dr Gajian.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id