4 Manfaat Yoga untuk Kehamilan

    Torie Natalova - 12 Agustus 2019 07:40 WIB
    4 Manfaat Yoga untuk Kehamilan
    Ada sejumlah manfaat yoga untuk kehamilan. (Foto: Courtesy of Getty Images)
    NHS (National Health Service) di Inggris merekomendasikan agar wanita hamil berolahraga setidaknya selama 30 menit sebanyak empat kali dalam seminggu. Jika Anda bukan penggemar olahraga, yoga bisa jadi pilihan yang baik untuk wanita hamil.


    Jakarta: Saat hamil, beberapa saran menganjurkan wanita hamil tidak mengangkat kaki mereka karena berisiko jatuh dan menyebabkan masalah kehamilan. Faktanya, sepanjang kehamilan dan seterusnya, penting untuk menjaga tubuh tetap bugar.

    Amankah yoga untuk ibu hamil? Menurut guru yoga Andrea Fox dan bidan Manijeh Nedas, ada sejumlah manfaat yoga untuk kehamilan mulai dari tahap melahirkan hingga pasca persalinan.

    1. Lebih fleksibel 

    Secara umum, ibu hamil yang latihan yoga tampak lebih sehat baik dalam pikiran maupun tubuh. Tubuh mereka juga lebih fleksibel yang memungkinkan mereka beradaptasi dengan berbagai posisi ketika persalinan. Ligamen juga lebih elastis yang membantu mengurangi nyeri persalinan.

    2. Meringankan masalah punggung

    Yoga membantu meningkatkan sirkulasi dan membantu dengan retensi cairan. Postur tubuh yang ditingkatkan lewat yoga dapat membantu meringankan masalah punggung, hal yang umum terjadi pada wanita hamil.

    4 Manfaat Yoga untuk Kehamilan
    (NHS (National Health Service) di Inggris merekomendasikan agar wanita hamil berolahraga setidaknya selama 30 menit sebanyak empat kali dalam seminggu. Foto: Pexels.com)

    3. Mempersiapkan kelahiran

    Yoga membantu mempersiapkan kelahiran dengan mendorong napas dan kesadaran tubuh, mengurangi kekhawatiran dan mengajari wanita untuk adaptasi dengan situasi baru.

    4. Perkuat otot perut

    Setelah melahirkan, yoga postnatal yang dapat dimulai enam minggu setelah kelahiran dapat memperkuat otot perut dan dasar panggul.

    Jika Anda belum pernah mencoba yoga sebelumnya, mulailah dengan mengambil kelas untuk memelajari pose dengan pengawasan instruktur. Ibu hamil dapat berlatih sendiri, namun hanya gerakan yang telah ditunjukkan di kelas.

    Jika Anda tidak terbiasa berolahraga teratur maka mulailah perlahan dan tenanglah terlebih dahulu. Apabila Anda sudah melakukan latihan yoga sebelum hamil, maka ada baiknya dilanjutkan.

    Menurut Andrea Fox, posisi apa pun yang membuat Anda tidak nyaman harus ditinggalkan dan tidak dilakukan. Setiap gerakan yang melibatkan keseimbangan harus dilakukan sangat hati-hati. 

    Ibu hamil harus memerhatikan untuk tidak meregangkan tubuh sehingga ligamen di sekitar sendi menjadi longgar dan lunak selama kehamilan. Perut harus tetap rileks setiap saat yoga dan tidak menggunakan terlalu banyak tenaga. Jika Anda merasakan sakit atau mual selama dan setelah yoga, hubungi dokter. 

    Anda bisa melakukan yoga saat hamil di beberapa studio yoga khusus ibu hamil seperti di Rumah Yoga, Nujuh Bulan Studio, atau Studio Duadua.




    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id