Tidur Berkualitas dan Manfaatnya bagi Kesehatan Anda

    Yatin Suleha - 19 Agustus 2020 19:16 WIB
    Tidur Berkualitas dan Manfaatnya bagi Kesehatan Anda
    Banyak alasan mengapa Anda butuh tidur berkualitas. Salah satunya untuk kesehatan mental Anda. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia. Seorang dokter spesialis tidur, Eric J. Olson, M.D, (sleep medicine specialist) dalam jurnalnya memaparkan bahwa tidur berkualitas adalah salah satu cara membangun sistem kekebalan tubuh. Hal ini dibutuhkan agar tubuh Anda memiliki ketahanan yang lebih baik ketika terpapar oleh virus.

    Senada dengan Olson, Dr Chirag Shah, seorang dokter pengobatan darurat dan salah satu pendiri klinik medis Accesa Health, mengatakan bahwa tidur bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dengan "meningkatkan pengembangan molekul pelindung."  

    Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal medis JAMA Internal Medicine juga menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam per malam, rata-rata, lebih mungkin mengalami masuk angin atau pilek dibandingkan dengan mereka yang tidur setidaknya delapan jam per malam.

    Tidur pengaruhi kesehatan mental 

    Selain manfaat kesehatan fisik, tidur juga dapat memengaruhi kesehatan mental Anda. "Tidur memungkinkan untuk proses sesuatu yang disebut 'autophagy' di otak," kata Dr Dora Wolfe, Psy.D., HSPP, CEO dan direktur klinis Wolfe Behavioral Health.

    "Autophagy di otak pada dasarnya membentuk sel-sel pembersihan yang melindungi otak dari gangguan kejiwaan dan neurodegeneratif," tambah Wolfe. Intinya adalah, setiap orang membutuhkan setidaknya tujuh hingga sembilan jam tidur setiap malam, kata pelatih ilmu tidur dan pendiri Tuck.com, Bill Fish.

    Dan, saat ini masyarakat dituntut harus bisa beradaptasi dengan kondisi dan situasi ditengah pandemi covid-19. Alhasil, semakin banyak masyarakat yang peduli dan menerapkan gaya hidup sehat, mulai dari mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang.

    Tidur Berkualitas dan Manfaatnya bagi Kesehatan Anda
    (Lie Chan Fen, GM Sales PT Duta Abadi Primantara cabang Surabaya (tengah) beserta jajaran saat meresmikan butik AGM. Di Surabaya butik ini menjadi yang ke-32 melengkapi 31 butik AGM sebelumnya yang tersebar di 23 kota besar di Indonesia. Foto: Istimewa)

    Selain itu olahraga secara rutin setiap pagi ataupun sore, serta yang tak kalah penting adalah menjaga pola istirahat dengan baik. Kesadaran akan kebutuhan tidur berkualitas ini juga yang menjadi landasan PT Duta Abadi Primantara membuka butik American Giant Mattress (AGM) ke-32 di Kota Surabaya.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id