Makanan yang Bisa Bantu Percepat Penyembuhan Batuk

    Sunnaholomi Halakrispen - 12 Mei 2020 18:05 WIB
    Makanan yang Bisa Bantu Percepat Penyembuhan Batuk
    Jus nanas diyakini bisa membantu proses penyembuhan peradangan beragam penyakit, bahkan batuk. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakara: Jus nanas diyakini bisa membantu proses penyembuhan peradangan beragam penyakit, bahkan batuk. Walaupun jus nanas bermanfaat sebagai obat batuk, ada makanan dan minuman lain yang dapat membantu meredakan gejala dan mempercepat proses penyembuhan batuk.

    Dikutip dari Healthline, beberapa makanan terbaik yang bisa Anda makan untuk membantu memulihkan batuk Anda, salah satunya makanan pedas. Makanan pedas mengandung bahan kimia yang disebut capsaicin yang dapat membantu mengencerkan lendir dan membuatnya lebih mudah batuk.

    Makanan pedas mungkin juga menurunkan sensitivitas refleks batuk untuk membuat batuk keluar lebih mudah. Selain itu, makanan yang kaya vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan ini termasuk kiwi, paprika, dan brokoli.

    Kemudian, sup hangat bisa membantu menenangkan tenggorokan. Mungkin juga memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu penyembuhan. Teh jahe hangat dapat menenangkan tenggorokan dan memiliki sifat anti-inflamasi.

    Selain itu, perhatikan juga makanan yang harus dihindari saat batuk atau diketahui memperburuk batuk. Salah satunya, susu karena dapat merangsang produksi lendir ekstra. Lalu, makanan olahan memiliki gizi terbatas dan tinggi garam.

    Makanan yang digoreng dapat memperburuk batuk karena proses menggoreng makanan dapat mengeluarkan iritasi di udara yang dapat memicu atau memperburuk batuk. 

    Sementara itu, selain membantu mengobati batuk Anda, jus nanas memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Sifat anti-inflamasiTrusted Source yang dikandungnya dapat membantu mengobati rasa sakit dan pembengkakan pada osteoartritis dan cedera olahraga. 

    Bromelain yang bertanggung jawab atas beberapa manfaat ini dapat bertindak sebagai agen anti kanker yang potensial. Vitamin C juga dapat membantu mencegah perkembangan katarak dan penyakit jantung.

    Anda bisa minum jus nanas sendiri, atau menggunakannya dalam resep lain. Beberapa resep hebat untuk memasukkan lebih banyak jus nanas ke dalam hidup Anda. Misalnya, mencampurkan jus nanas dengan buah apel, wortel, dan jus jahe, atau dijadikan jus nanas mangga maupun jus nanas hijau.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id