comscore

Tingkatkan Produktivitas ASI dengan Bahan Dapur Ini

Dhaifurrakhman Abas - 06 April 2019 18:02 WIB
Tingkatkan Produktivitas ASI dengan Bahan Dapur Ini
Tingkatkan Produktivitas ASI lewat Bahan Dapur Ini (Foto: istock)
Jakarta: Jumlah kandungan Air Susu Ibu (ASI) sering bikin para ibu khawatir. Seringkali mereka takut tidak menghasilkan ASI sesuai dengan yang diperlukan untuk perkembangan bayinya.

Tak pelak, para ibu sering mengonsumsi asupan bergizi untuk meningkatkan produktivitas ASI. Ketika anak sedang tak menyusui, para ibu cepat-cepat mengonsumsi berbagai asupan makanan yang penting buat tubuh dan produktivitas ASI.
Sayangnya, mengingkatkan produktivitas ASI tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang para ibu juga harus bekerja untuk menghidupi anak dan keluarganya. Lantas kesehatan dan asupan yang seharusnya dikonsumsi jadi tak terpenuhi.

Meski begitu, menurut Times of India, sebetulnya ada beberapa makanan rumahan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan produktivitas ASI. Berikut beberapa makanan yang bisa jadi pilihan.

1. Biji Fenugreek

Biji fenugreek merupakan sumber phytoestrogen yang baik buat dikonsumsi. Biji fenugreek juga memiliki sifat galactagogue yang mampu meningkatkan produktivitas ASI para kaum ibu.

Agar lebih nikmat, Anda bisa mengonsumsi biji fenugreek dengan campuran madu secukupnya. Lalu tambahkan secangkir air dan aduk hingga rata.

Pertama-tama masukan biji fenugreek ke dalam wajan yang berisi air secukupnya. Kemudian rebus hingga mendidih. Setelah itu, biarkan beberapa saat sampai suhunya aman buat diminum.

Ingat, sebelum mulai menyeduh, jangan lupa sisihkan kulit biji fenugreek dari wajan yang sudah menjadi air fenugreek. Tambahkan madu secukupnya, dan minuman itu siap dikonsumsi tiga kali sehari.

2. Bawang putih

Boleh dikata, bawang putih merupakan makanan serbaguna. Selain bermanfaat buat menyembuhkan beragam penyakit, bawang putih juga mampu meningkatkan pasokan ASI ibu yang menyusui.

Sebab, bawang putih merupakan makanan yang bersifat laktogenik. Sehingga mengonsumsi bawang putih mampu meningkatkan hormon tersebut agar tubuh memiliki kandungan ASI yang cukup.

Menyajikan bawang putih buat dikonsumsi juga terbilang mudah. Misalnya, mencampurkan bawang putih ke dalam menu sarapan ataupun pasta yang memiliki karbohidrat yang pas.

3. Kayu manis

Kayu manis seringkali digunakan untuk meningkatkan rasa sebuah masakan. Namun siapa sangka, kayu manis juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas ASI dalam tubuh.

Menyajikannya pun amat gampang. Anda bisa mencampurkan kayu manis ke dalam makanan ataupun ke teh yang sering Anda konsumsi.

4. Susu almon

Susu Almon terkenal dengan kandungan asam lemak omega-3. Minuman ini juga dianggap cocok dikonsumsi oleh ibu yang baru  memiliki buah hati. Agar mendapat kuantitas dan kualitas ASI yang maksimal, seorang ibu diharuskan mengonsumsi susu almon secara teratur setiap hari.

 

(ELG)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id