4 Kondisi Anak Harus Dibawa ke Rumah Sakit?

    Kumara Anggita - 07 Agustus 2020 16:43 WIB
    4 Kondisi Anak Harus Dibawa ke Rumah Sakit?
    Ilustrasi-Freepik
    Jakarta: Saat ini banyak orang tua yang menunda ke rumah sakit untuk menghindari Covid-19. Padahal ketakutan berlebihan seperti ini dampaknya bisa lebih membahayakan.

    Menurut dr. Yogi Prawira, Sp.A(K), Konsultan Emergenis dan Rawat Intensif Anak FKUI-RSCM dan Ketua Satgas Covid-19 IDAI,

    Anda perlu ke rumah sakit ketika anak menunjukkan beberapa hal seperti:

    1. Lemas

    Anda perlu ke rumah sakit ketika anak sudah tampak berbeda dari biasanya. Hati-hati ketika anak sudah dalam keadaan lemas.

    “Anak demam tapi masih aktif saja, itu masih bisa pantau tapi kalau sudah tiduran saja kemudian tidak aktif, tak mau main, itu harus hati-hati,” ungkap dr. Yogi dalam Live Ngobrol Asik Medcom.id di Instagram.

    2. Bayi yang demam tinggi

    Usia-usia ekstrim seperti bayi di bawah 3 bulan, mereka masih punya daya tahan tubuh yang rentan. Jadi misalnya demam tinggi harus hati-hati.

    “Kita harus tahu perkembangan anak sesuai dengan usianya,” terang dr. Yogi.

    3. Dehidrasi

    Bila anak sedang diare dan muntah-muntah, jangan biarkan mereka sampai dehidrasi. Jika sudah terjadi, segera bawa ke fasilitas kesehatan.

    “Kalau muntah dan diare pantau dia dehidrasi atau tidak. Lihat dari pipisnya, kalau sedikit dan warnanya pekat, itu artinya dehidrasi. Segera dibawa,” ungkap dr. Yogi.

    4. Tampilan toxic

    Selain itu, lihat juga tampilan keseluruhan anak. Ketika mereka sudah terlihat buruk, Anda perlu membawanya ke fasilitas kesehatan juga.

    “Kalau penampilan sudah kelihatan toxic, kurang aktif, menatap kekita kosong pandangannya, diajak ngomong tidak nyambung, itu harus dibawa. Napas cepat, cuping hidung kembang kempis atau saat napas kelihatan narik sesak itu harus dibawa, tangannya pucat (bandingin dengan kita),” paparnya.

    (FIR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id