Tiga Manfaat Edamame untuk Otak

    Sunnaholomi Halakrispen - 29 Juni 2020 14:05 WIB
    Tiga Manfaat Edamame untuk Otak
    Kacang edamame. (Foto: Pexels)
    Jakarta: Edamame adalah kedelai muda. Merupakan salah satu bahan yang bisa dijadikan sebagai makanan dan camilan nabati populer dengan memiliki berbagai manfaat kesehatan. Apalagi, bagi perkembangan otak.

    Dikutip dari Medical News Today, orang biasanya memanen kacang edamame sebelum matang atau mengeras. Kacang ini tersedia di pasaran dalam bentuk utuh bersama kulitnya, dikupas, atau dalam keadaan beku.

    Kacang edamame secara alami bebas gluten, rendah kalori, tidak mengandung kolesterol. Selain itu, merupakan sumber protein, zat besi, dan kalsium yang sangat baik bagi tubuh. Berikut manfaat edamame bagi otak:

    1. Penyakit otak terkait usia

    Edamame mengandung senyawa isoflavon. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi isoflavon kedelai dapat menurunkan risiko penurunan kognitif. Dengan kata lain, dapat membantu meningkatkan aspek berpikir dan kognisi, seperti memori nonverbal dan kefasihan verbal.

    Pada salah satu studi 2015, yang melibatkan 65 orang dengan penyakit Alzheimer, tidak mengonfirmasi temuan ini. Namun, meta-analisis, juga dari 2015, menyimpulkan bahwa isoflavon kedelai dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif setelah menopause.

    Lantaran demikian, para penulis menyarankan bahwa harus ada pekerjaan lanjutan pada peserta dalam uji coba. Hal itu berguna untuk melihat tingkat alzheimer di kemudian hari.

    2. Depresi

    Edamame mengandung folat, yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan DNA dan untuk pembelahan sel yang tepat. Studi sebelumnya menunjukkan bahwa memiliki asupan folat yang cukup dapat membantu mencegah depresi.

    Hal itu dapat dilakukan dengan menghentikan terlalu banyak zat yang disebut homocysteine ??dari pembentukan dalam tubuh. Homocysteine ??tingkat tinggi dapat mencegah darah dan nutrisi lainnya mencapai otak, dan dapat mengganggu produksi hormon serotonin. Sementara hormon ini membantu suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

    3. Peradangan

    Edamame mengandung kolin, nutrisi yang mirip dengan vitamin B. Ini berkontribusi pada tidur yang sehat, gerakan otot, belajar, dan memori.

    Pada studi 2010, disimpulkan bahwa kolin dapat membantu mengurangi peradangan yang terjadi ketika orang menderita asma. Pada 2017, sebuah studi hewan pengerat menyarankan bahwa kolin dapat membantu melindungi terhadap peradangan yang mengarah pada penyakit kardiovaskular.

    Temuan itu tidak mengonfirmasi bahwa makan choline dari edamame akan memiliki manfaat ini, tetapi mungkin menawarkan perlindungan.

    Sebaliknya, defisiensi kolin dapat meningkatkan risiko penyakit hati, aterosklerosis, dan kemungkinan gangguan neurologis. Secangkir kacang edamame dikupas akan memberikan 16 persen dari kebutuhan harian seseorang untuk kolin.


    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id