Memahami Serba-serbi Stretch Mark

    Sunnaholomi Halakrispen - 20 September 2020 16:01 WIB
    Memahami Serba-serbi <i>Stretch</i> <i>Mark</i>
    Bagaimana stretch mark terjadi? Apakah krim dapat mengatasinya? Berikut ini penjelasan Dr Stacy Chimento. (Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
    Jakarta: Stretch mark dan selulit, dua kondisi kulit akibat perubahan tubuh, sering dianggap tidak diinginkan. Sehingga,  tidak mengherankan jika ada seluruh banyak krim topikal yang didedikasikan untuk menghilangkan noda dari tubuh seseorang.

    Tetapi, dikutip dari Insider, mayoritas dari produk tersebut, yang dipasarkan sebagai obat untuk selulit dan stretch mark, menjanjikan untuk memberikan yang tidak mungkin. Hal itu disampaikan Dr Stacy Chimento, Dokter Ahli Kulit bersertifikat di Riverchase Dermatology di Miami Beach, Florida.

    Sebab, selulit dan stretch mark utamanya merupakan hasil dari genetik, dan pembentukan tanda ini terjadi di bawah kulit. Membuat larutan topikal, sebagian besar, tidak efektif.

    Selulit terjadi ketika lemak tubuh seseorang dan jaringan ikatnya, yang memiliki serat yang menahan lemak di tempatnya, terjerat di bawah kulit. Akibatnya, membuat tampilan berlesung pipit di permukaan kulit.

    Sedangkan stretch mark adalah hasil dari peregangan kulit selama masa pubertas. Bisa juga terjadi selama kehamilan atau penambahan berat badan.

    "Ketika pertumbuhan tubuh akibat peristiwa ini terjadi dengan cepat, lapisan dalam kulit robek, dan lapisan di bawahnya akan mengisi celah-celah, menyebabkan munculnya tanda-tanda," jelas Chimento.

    Ia mengatakan bahwa ada beberapa pengecualian yang terbukti secara ilmiah untuk produk yang tidak efektif. Contohnya, produk yang mengandung retinol dan kafein. Dia juga mengatakan prosedur praktik dokter invasif minimal tertentu, dapat mengurangi munculnya tanda-tanda ini.

    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id