Beberapa Makanan yang Bisa Mengurangi Stres

    Raka Lestari - 19 Februari 2020 11:00 WIB
    Beberapa Makanan yang Bisa Mengurangi Stres
    Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat mengurangi tingkat stres (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Stres merupakan salah satu hal yang mungkin tidak bisa dihindari. Namun penelitian menemukan bahwa beberapa jenis nutrisi seperti karbohidrat kompleks, protein, vitamin C, vitamin B, magnesium, dan selenium dapat mengurangi hormon kortisol yang dapat memicu terjadinya stress.

    Apa sajakah makanan tersebut? Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat mengurangi tingkat stres Anda seperti dilansir dari Thehelathy:

    1. Salmon 

    Salmon dapat menangkal efek dari hormon stres adrenalin dan kortisol, itulah sebabnya ia adalah salah satu makanan terbaik yang mengurangi stres. 

    "Sifat antiinflamasi asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam salmon dapat mengimbangi efek hormon kortisol ini," kata Shahzadi Devje, RD, CDE, ahli diet terdaftar di Toronto, Kanada. "Ini membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan respons Anda terhadap stres."

    2. Okra 

    Sayuran hijau ini mengandung folat, vitamin B yang menghasilkan dopamin atau sering disebut hormon Bahagia. "Efek hormon ini pada otak menginduksi perasaan senang," kata Devje. 

    Sebuah studi tahun 2017 di Journal of Psychiatric Research menemukan bahwa orang dengan depresi memiliki kadar folat yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak mengalami depresi. 

    Beberapa Makanan yang Bisa Mengurangi Stres
    (Kombinasinasikan bayam dengan protein atau bahan lain yang Anda sukai, karena sayuran berdaun hijau seperti bayam adalah makanan padat nutrisi yang mengandung kadar magnesium tinggi. Foto: Pexels.com)

    3. Oatmeal 

    Menyantap semangkuk oatmeal yang hangat bisa membuat Anda merasa lebih rileks dan tenang, berdasarkan sebuah tinjauan dari studi pada tahun 2016 dalam Journal of Nutrition and Food Sciences. 

    “Mengonsumsi karbohidrat kompleks meningkatkan produksi serotonin, zat kimia otak yang mengurangi hormon stres," kata Devje. Mereka adalah sumber triptofan yang baik yang diubah oleh tubuh menjadi serotonin.

    4. Dark chocolate

    Kebanyakan orang mungkin akan setuju bahwa cokelat adalah salah satu makanan favorit mereka yang mengurangi stres.

    "Ada banyak bukti menunjukkan bahwa antioksidan dalam kakao membantu mengendurkan pembuluh darah, membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi," kata Devje. Satu studi 2017 menemukan bahwa 20 gr cokelat hitam per hari dapat memiliki efek menguntungkan pada kesehatan jantung.

    5. Bayam 

    Ketika stres melanda, tubuh akan sulit tidur dan tekanan darah akan meningkat. Salah satu nutrisi yang dapat membantu meringankan gejala-gejala tersebut adalah magnesium, tetapi ketika kita stres, kadar magnesium akan menurun. 

    "Sayur-sayuran berdaun hijau seperti bayam adalah makanan padat nutrisi yang mengandung kadar magnesium tinggi," kata David Nico, PhD, penulis buku Diet "Diagnosis: Navigating the Maze of Health and Nutrition Plans."





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id