5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Penderita Diabetes

    Raka Lestari - 23 April 2020 20:10 WIB
    5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Penderita Diabetes
    Tai chi adalah serangkaian gerakan tubuh yang lambat dan halus untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Ini sangat bermanfaat bagi diabetesi. (Foto: Pexels.com)
    Jakarta: Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama di tengah pandemi covid-19 seperti sekarang ini. 

    Bagi masyarakan umum, ada banyak olahraga yang bisa dipilih. Namun bagi para penderita diabetes, olahraga yang dilakukan harus disesuaikan dengan kondisi tubuhnya agar diabetes yang dialami tidak semakin bertambah parah.

    “Olahraga dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh bagi siapa pun, termasuk penderita diabetes. Aktivitas ini membantu penderita diabetes untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat tubuhnya,” ujar Hening Utami, seorang ahli gizi, pada acara KULWAP bersama KALCare, Kamis, 23 April 2020.

    Ia juga menambahkan, “Sebab, orang yang memiliki diabetes tipe 2 berisiko mengalami obesitas. Selain itu, saat berolahraga, tubuh membutuhkan energi ekstra. Ini menyebabkan otot pada tubuh menyerap glukosa sehingga membantu menurunkan kadar gula darah,” ujar Hening.

    Bagi para penderita diabetes, untuk mengawali latihan bisa mulai melakukan olahraga selama 10 menit per sesi. 

    “Secara bertahap, bisa ditingkatkan lamanya waktu olahraga per sesi sebesar 30 menit. Ini akan membantu menyesuaikan kondisi tubuh dengan olahraga yang dilakukan,” ujar Hening.
     

    Menurut Hening, beberapa jenis olahraga yang bisa dipilih oleh penderita diabetes adalah sebagai berikut:

     

    1. Jalan cepat

    Olahraga ini merupakan salah satu aktivitas yang paling tepat untuk diabetesi, juga bisa menyesuaikan kecepatannya sebagai bentuk latihan aerobik untuk meningkatkan denyut jantung sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

    2. Tai chi 

    Tai chi adalah serangkaian gerakan tubuh yang lambat dan halus untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Ini sangat bermanfaat bagi diabetesi karena meningkatkan kebugaran dan kesehatan mental, mengendalikan kadar gula darah, serta mengurangi kerusakan saraf akibat komplikasi diabetes.

    3. Yoga 

    Olahraga ini menggabungkan gerakan tubuh yang membangun kelenturan, kekuatan, dan keseimbangan. Ini membantu diabetesi untuk mengurangi stres, memperbaiki fungsi saraf, melawan resistensi insulin, dan memperbaiki kadar gula darah karena meningkatkan massa otot dan stres berkurang.

    4. Bersepeda

    Bersepeda merupakan bentuk latihan aerobik yang menguatkan jantung dan meningkatkan fungsi paru-paru. Selain itu, olahraga ini juga meningkatkan aliran darah ke kaki dan membakar kalori untuk menjaga berat badan. Untuk menghindari terjatuh dan cedera atau cuaca yang tidak mendukung, sebaiknya olahraga ini menggunakan sepeda statis.

    5. Berenang

    Olahraga ini sangat ideal untuk diabetesi karena tidak memberikan tekanan pada sendi. Berenang juga dapat menurunkan tingkat stres, membakar kalori, dan menurunkan kadar kolesterol.

    Namun, perhatikan keselamatan diri dari supaya tidak tergelincir atau tergores karena luka tersebut akan lambat sembuh dan rentan terhadap infeksi.


    (TIN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id