Cara agar Tetap Bersemangat Meskipun di Rumah Saja

    Raka Lestari - 08 April 2020 07:01 WIB
    Cara agar Tetap Bersemangat Meskipun di Rumah Saja
    Selain rasa bosan, berdiam di rumah juga bisa membuat seseorang menjadi lemas dan tidak bergairah, karena aktivitas yang dilakukan tidak bervariasi. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Berdiam diri di rumah saja tentu bisa membuat sebagian orang merasa bosan. Selain rasa bosan, berdiam di rumah juga bisa membuat seseorang menjadi lemas dan tidak bergairah, karena aktivitas yang dilakukan tidak bervariasi.

    Namun, membatasi kegiatan untuk berada di rumah terutama ketika pandemi covid-19 terjadi memang sangat diperlukan untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut.

    Dr Diana Gall dari Dokter 4 U, mengatakan bahwa itu adalah hal yang normal jika Anda merasa tingkat energi menurun ketika tidak melakukan apapun. Ia mengatakan bahwa itu bisa menjadi siklus kecil. Semakin sedikit yang Anda kerjakan, semakin Anda merasa lelah, semakin sedikit hal yang Anda lakukan.

    Salah satu cara untuk menghilangkan siklus dari rasa kebosanan adalah dengan memaksa diri untuk melaluinya. Jadi meskipun Anda merasa malas, penting untuk menyisihkan waktu setiap harinya untuk tetap bergerak, agar Anda tetap merasa bersemangat dan meningkatkan suasana hati Anda secara keseluruhan.

    “Cara terbaik untuk meningkatkan energi Anda dan meningkatkan tingkat serotonin adalah dengan melakukan aktivitas fisik,” jelas Dr Diana seperti dilansir metro.co.uk.

    “Jika Anda tidak bisa pergi keluar rumah, ada banyak olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan. Mulai dari Yoga sampai HIIT,” terangnya. 

    Ia juga menyarankan untuk sesekali melakukan pekerjaan sambil beridir dibandingkan harus duduk sepanjang hari.

    Selain berolahraga, Dr Diana juga mengatakan bahwa memiliki pola makan yang sehat sangatlah penting untuk menjaga tingkat energi. Ia mengatakan bahwa ketika melakukan isolasi di rumah, penting sekali untuk mengonsumsi makanan bernutrisi.

    “Sangat mudah untuk mengemil makanan yang tidak sehat ketika sedang berada di rumah. Untuk itu, pastikan Anda mengonsumsi sayuran dan buah dalam jumlah yang cukup. Begitu juga dengan asupan cairan harian Anda agar tubuh tetap terhidrasi,” ,” ujar Dr Diana.

    Hidrasi memiliki peran yang penting dalam fungsi otak dan energi. Dan ketika Anda sedang sibuk melakukan pekerjaan di rumah, sangat mungkin untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Untuk mengatasinya, setel pengingat di ponsel Anda setiap beberapa jam sekali agar Anda tidak lupa dalam memenuhi asupan cairan Anda.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id