Apakah Mengatur Brightness di Layar Bisa Hindari Kerusakan Mata?

    Kumara Anggita - 01 Februari 2020 18:04 WIB
    Apakah Mengatur Brightness di Layar Bisa Hindari Kerusakan Mata?
    Berlama-lama menatap layar bisa buat mata rusak. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Berlama-lama menatap layar bisa buat mata rusak. Tak mau hal ini terjadi, banyak orang mengatur pencahayaan layarnya sedemikian mungkin sampai seredup mungkin. 

    Namun apakah cara ini adalah cara yang tepat? Berikut penjelasannya oleh Dokter Spesialis Mata, dr. Nina Asrini Noor, Sp.M. 

    Cara mengatur brightness yang baik adalah dengan menyesuaikan dengan kondisi di sekitar. Bukan dengan membuat layar menjadi terlalu redup. 

    “Brightness itu disesuaikan dengan pencahayaan di sekitar. Jadi tidak terlalu kontras. Jangan juga terlalu terang dalam kondisi lingkungan yang redup,” ujarnya. 

    Brightness yang tidak pas akan buat mata jadi cepat lelah. Hal ini bisa memunculkan berbagai gejala yang tidak nyaman di mata antara lain rasa mengganjal, mudah merah berulang, berair, terasa kering, sensasi berpasir, ada kotoran mata, terasa lengket, rasa gatal yang memicu untuk mengucek mata.

    “Kalau brightness terlalu terang dalam kondisi yang redup bisa buat mata jadi cepat lelah. Kontras terlalu berbeda antara lingkungan dengan yang ada di layar. Terlalu gelap tentu juga tidak terlalu optimal jugq pengelihatan. Disesuaikan saja,” jelasnya. 

    Dokter Nina menambahkan, dampak jangka panjang belum ada penelitian yang menyatakan  brightness berpengaruh pda kesehatan mata secara umum atau risiko yang berat. "Tapi tentu mata akan cepat lelah,” ungkapnya. 

    Untuk menghindari kerusakan mata, yang penting adalah Anda mengistirahatkan mata Anda sesering mungkin saat melihat layar. Dokter Nina menyebutkan bahwa Anda bisa mengistirahatkan setidaknya sepuluh menit sekali setiap sejam fokus pada layar. 





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id