Dampak Penggunaan Loofah saat Mandi pada Kulit Anda

    Raka Lestari - 12 Februari 2020 16:07 WIB
    Dampak Penggunaan Loofah saat Mandi pada Kulit Anda
    Loofah merupakan salah satu barang yang banyak digunakan untuk membersihkan badan ketika sedang mandi. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Loofah merupakan salah satu barang yang banyak digunakan untuk membersihkan badan ketika sedang mandi. Beberapa orang menganggap bahwa membersihkan tubuh dengan menggunakan loofah akan membuat tubuh lebih bersih dan lebih efektif dalam mengangkat kotoran-kotoran yang ada dalam tubuh. 
     
    Seperti dilansir health, ternyata menggunakan loofah untuk membersihkan tubuh justru bisa menjadi bom waktu bagi kulit Anda. Loofah yang dianggap sebagai eksfoliator untuk mengangkat sel-sel kulit mati justru bisa menyebabkan sel-sel kulit mati tersebut terperangkap dalam sela-sela loofah. Setiap kali loofah dalam keadaan basah dan tidak dikeringkan secara benar, maka kuman dan bakteri dapat berkembang di dalamnya. 
     
    “Anda justru bisa menyebarkan bakteri ke seluruh tubuh Anda yang berasal dari sisa-sisa kotoran yang terdapat dalam loofah,” ujar Dr Michele Green,  M.D., seorang dermatologis bersertifikat di New York.

    “Loofah yang digunakan tersebut bisa menyebarkan kotoran yang terdapat pada tubuh Anda kembali ke tubuh Anda.”
     
    Dan ternyata bukan hanya itu saja. Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1994 yang terdapat dalam Journal of Clinical Microbiology menemukan bahwa loofah dapat menyebarkan spesies bakteri yang mungkin dapat menyebabkan infeksi, yang secara umum dapat sangat berbahaya bagi pasien yang memiliki sistem imun yang rendah. 
     
    Joel Schlessinger, MD, seorang dermatologis menyarankan untuk tidak sering menggunakan loofah. “Saya tidak terlalu merekomendasikan penggunaan loofah atau shower puff,” katanya. “Loofah memiliki tekstur berpori yang dapat menyebabkan bakteri berkembang biak di dalamnya. Kondisi yang hangat dan lembap merupakan tempat yang disukai kuman dan bakteri.” 
     
    Jika Anda tidak bisa meninggalkan penggunaan loofah ketika sedang mandi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar mencegah loofah menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri.

    Usahakan setiap selesai menggunakan loofah untuk mengeringkannya secara sempurna dan gantung loofah agar sirkulasi udara tetap terjaga sehingga loofah bisa kering dengan sempurna. Dan jika loofah sudah berubah warna atau berbau tidak sedap, sebaiknya langsung buang loofah Anda.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id