Cara Tepat Membersihkan Menstrual Cup

    Raka Lestari - 02 Juni 2020 13:11 WIB
    Cara Tepat Membersihkan Menstrual Cup
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Menstrual cup merupakan salah satu solusi yang dianggap lebih ramah lingkungan dibandingkan pemakaian pembalut. Tak heran jika saat ini banyak wanita yang lebih memilih penggunaan menstrual cup. Sebab selain ramah lingkungan, menstrual cup juga dianggap lebih praktis.

    Terlepas dari kegunaan menstrual cup tersebut, pemakaian menstrual cup juga harus diiringi dengan cara pembersihan yang benar. Dilansir dari Metro.co.uk, setiap kali Anda mengosongkan menstrual cup sebaiknya langsung membersihkannya dengan air hangat dan sabun yang aman.

    Selain itu, ketika menstrual cup sedang tidak digunakan, sebaiknya Anda melakukan sterilisasi pada menstrual cup milik Anda sebelum menggunakannya kembali. Menstrual cup sendiri bisa dikosongkan setiap 6 – 12 jam sekali.

    Akan tetapi, jika darah menstruasi yang keluar cukup banyak, sebaiknya menstrual cup yang dipakai harus dikosongkan setiap 4 – 8 jam sekali. Dan ketika sedang membersihkannya, disarankan untuk menggunakan sabun yang tidak beraroma dan membersihkan menstrual cup secara keseluruhan.

    Untuk pembersihan yang lebih mudah, Anda bisa membersihkannya ketika sedang mandi. Dan yang jangan lupa diperhatikan adalah proses sterilisasi menstrual cup ketika sedang tidak digunakan.

    Beberapa merek menstrual cup memiliki wadah yang bisa dibersihkan di microwave. Sedangkan beberapa merek lainnya juga bisa direbus dalam air mendidih sekitar tujuh menit untuk mensterilisasi.

    Atau bisa juga menggunakan alat khusus untuk melakukan sterilisasi menstrual cup yang bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Anda hanya perlu memasukkan menstrual cup di dalam mangkuk berisi air ke dalam alat sterilisasi tersebut dan alat sterilisasi tersebut akan bekerja membersihkan menstrual cup Anda.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id