Bantu Tangani Covid-19, Indonesia Butuh Volunteer Tenaga Medis dan Non Medis

    Sunnaholomi Halakrispen - 19 Maret 2020 18:05 WIB
    Bantu Tangani Covid-19, Indonesia Butuh Volunteer Tenaga Medis dan Non Medis
    Petugas medis melakukan simulasi penanganan pasien terjangkit virus corona di RS Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat. (Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
    Jakarta: Sebanyak 309 kasus covid-19 (new coronavirus) di Indonesia dinyatakan positif, per Kamis 19 Maret 2020 pukul 18.00 WIB. Bantuan dari tenaga medis dan non medis pun sangat dibutuhkan untuk bersama-sama menghadapi permasalahan wabah pandemi global ini.

    Lantaran demikian, Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) mengajak seluruh putra dan putri Bangsa untuk menjadi volunteer Gugus Tugas dalam mewaspadai dan antisipasi covid-19.

    "Volunteer akan membantu bidang logistik dan operasional untuk menyiapkan alternatif second line apabila rumah sakit rujukan sudah over capacity. Bersama kita selesaikan masalah ini lebih cepat," tulis dalam laman resmi Kementerian BUMN.

    Apabila Anda ingin turut serta membantu menjadi bagian dari penanggulangan bencana nasional covid-19, segera daftarkan diri. Ada syarat yang perlu dipenuhi oleh para calon volunteer non medis.

    Di antaranya, berusia maksimal 36 tahun, diutamakan belum berkeluarga. Kemudian, dinyatakan sehat dengan surat keterangan rumah sakit atau dokter.

    Bantu Tangani Covid-19, Indonesia Butuh Volunteer Tenaga Medis dan Non Medis

    Syarat ketiga, tidak merokok dan sejenisnya. Terakhir, siap untuk berkomitmen dan bertanggung jawab disertai surat izin dari keluarga (wali atau pasangan).

    Sementara protokol volunteer covid-19 dijelaskan dalam empat hal. Pertama, akan diberikan pelatihan dan pembekalan keselamatan kerja covid-19 dari Indonesia Healthcare Corporation.

    Selain itu, dilengkapi alat pelindung diri. Juga diberikan jaminan biaya kesehatan selama menjadi volunteer dan diberikan apresiasi khusus dari Pemerintah berupa piagam pengabdian masyarakat.





    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id