Pentingnya Mencuci Bantal Secara Rutin

    Raka Lestari - 31 Juli 2019 17:39 WIB
    Pentingnya Mencuci Bantal Secara Rutin
    Ilustrasi--Pexels
    Bantal dibutuhkan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Menurut Melissa Maker, ahli kebersihan di Clean My Space, ketika Anda tertidur bantal akan mengumpulkan sel-sel kulit matik keringat.

     
    Jakarta: Bantal merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Tidur menggunakan bantal yang lembut dapat membuat Anda merasa lebih nyaman dan bisa juga membuat tidur Anda lebih nyenyak.

    Namun hal yang tidak banyak diperhatikan adalah bahwa Anda pelru mencuci bantal Anda secara rutin.

    Menurut Melissa Maker, ahli kebersihan di Clean My Space, ketika Anda tertidur bantal akan mengumpulkan sel-sel kulit matik keringat, dan tungau debu serta bakteri dan allergen lain. Itulah mengapa bantal akan lebih mudah kotor dan biasanya bantal digunakan secara berlebihan.

    Sama seperti barang-barang lainnya, bantal juga akan menjadi kotor. Meskipun Anda hanya tidur diatasnya dan biasanya menggunakan sarung bantal, biasanya mereka dapat menjadi tempat berkumpulnya sisa-sisa produk harian yang Anda gunakan seperti produk rambut, keringat, make-up, dan sabun pencuci muka, begitu juga dengan kulit mati dan tungau debu.

    "Pada malam hari, ketika tubuh Anda beristirahat dan pulih, ada banyak hal yang terjadi," kata Missy Tannen, pendiri dan kepala produk dan pengembangan di Boll & Branch, seperti dilansir womenshealthmag.

    Seluruh keringat dan produk perawatan tubuh dapat terserap dalam bantal yang juga dapat menyebabkan bantal berubah warna menjadi kekuningan. Jika Anda melihat adanya perubahan warna pada bantal, itu karena Anda sudah lama tidak mencucinya.

    Sama seperti pakaian, bantal juga biasanya memiliki panduan cara untuk mencucinya. Tannen merekomendasikan untuk mengikuti instruksi tersebut, namun untuk sebagian besar bantal saat ini cara mencucinya sangat mudah hanya dengan menggunakan mesin cuci.

    Usahakan untuk menggunakan air dingin atau hangat, dan gunakan sedikit sabun cuci (lebih sedikit dari sabun cuci untuk pakaian). Hal ini bertujuan agar tidak terjadi penumpukan deterjen yang tertinggal pada serat kain bantal Anda.

    Jika Anda memiliki mesin cuci dengan agitator, Maker merekomendasikan mencuci dua bantal sekaligus untuk membantu menjaga mesin seimbang. Bantal akan akan menyerap deterjen dan air seperti spons, baik Maker dan Tannen merekomendasikan untuk mencuci bantal dengan menggunakan mode putaran yang paling kencang untuk mengeluarkan sabun dan air sebanyak mungkin sebelum dikeringkan.





    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id