Syarat Produk Herbal Aman Dikonsumsi - Medcom

    Sidomuncul

    Syarat Produk Herbal Aman Dikonsumsi

    Gervin Nathaniel Purba - 07 Oktober 2019 11:07 WIB
    Syarat Produk Herbal Aman Dikonsumsi
    Sido Muncul bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram menyelenggarakan seminar Pemanfaatan Obat Herbal Menuju Indonesia Sehat, di Universitas Mataram, NTB, Sabtu, 5 Oktober 2019 (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)
    Mataram: Pengobatan herbal belakangan ini dilirik sebagai alernatif pengobatan medis atau konvensional untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Pengobatan herbal dinilai lebih aman dan murah ketimbang pengobatan konvensional.
     
    Kehadiran pengobatan herbal tak terpisahkan dari tradisi masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu untuk menyembuhkan penyakit maupun meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Terlebih, pengobatan herbal diklaim tidak memiliki efek samping.
     
    Namun, benarkah pengobatan herbal tidak memiliki efek samping? "Sebenarnya pendapat itu kurang benar," ujar Imunolog sekaligus Peneliti Herbal dan Guru Besar Universitas Diponegoro Semarang Edi Dharmana, ditemui di Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu, 5 Oktober 2019.
     
    Dijelaskan Edi Dharmana, obat herbal memiliki efek samping jika dipakai terus-menerus karena mengandung berbagai komponen. Pemakaian yang berkelanjutan akan berdampak negatif terhadap tubuh.
     
    "Makanya, ada obat herbal yang pada kemasannya terdapat peringatan maksimal pemakaian satu bulan atau satu minggu, dan seterusnya," ujar Edi.
     
    Pemakaian obat herbal secara berkelanjutan dapat mengganggu sistem tubuh dan memicu toksisitas. Toksisitas adalah tingkat merusak suatu zat jika dipaparkan terhadap organisme.
     
    Melihat dampak jangka panjangnya, Edi menekankan penggunaan obat herbal harus tepat sasaran. Sebab, masih banyak orang menggunakan obat herbal untuk menyembuhkan penyakit yang tidak sesuai.
     
    Di satu sisi, Edi juga menegaskan obat herbal tidak sepenuhnya bisa menggantikan obat konvensional. Obat konvensional diracik melalui proses yang lebih modern agar tepat sasaran menyembuhkan penyakit ketimbang obat herbal.
     
    Syarat Produk Herbal Aman Dikonsumsi
    Imunolog sekaligus Peneliti Herbal dan Guru Besar Universitas Diponegoro Semarang Edi Dharmana (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)


    Namun, bukan berarti obat herbal dipandang sebelah mata. Sebab, peracikan yang tepat dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Misalnya, Tolak Angin. Tolak Angin merupakan obat herbal yang berguna untuk meredakan masuk angin, perut mual, tenggorokan kering, dan badan terasa dingin.
     
    Berdasarkan riset yang dilakukan Edi, Tolak Angin dalam proses tertentu mampu meningkatkan imunitas untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, Tolak Angin juga memberikan efek baik dalam jangka panjang.
     
    "Mengutip pernyataan Ipang, (Ipang Djunarko dari Universitas Sanata Dharma), Tolak Angin tidak ada efek samping asalkan tidak diminum melebihi dosis,".
     
    "Toksisitas dapat terjadi jika diminum sembilan saset per hari dalam waktu delapan setengah tahun (sesuatu yang tidak mungkin terjadi). Jadi, anjuran minum Tolak Angin cukup 2x1 (dua saset per hari)," kata Ipang, menjelaskan.
     

    Mengantongi Sertifikat BPOM

     
    Secara keseluruhan, produk Sido Muncul menggunakan bahan herbal. Masyarakat tidak perlu khawatir karena Sido Muncul mengantongi sertifikat Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

    Syarat Produk Herbal Aman Dikonsumsi 
    Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM Mayagustina Andarini (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)


    Hal itu diungkapkan Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM Mayagustina Andarini, dalam seminar yang diadakan Sido Muncul bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, di Universitas Mataram, NTB, Sabtu, 5 Oktober 2019. Seminar tersebut bertajuk Pemanfaatan Obat Herbal Menuju Indonesia Sehat.
     
    Sido Muncul telah mendapat sertifikat COPTB pada tahun 2000 karena sudah memenuhi 11 kriteria yang ditetapkan BPOM, yaitu dokumentasi bagus, sarana bagus (sanitasi dikelola baik), personalnya bagus, dan produksi dilengkapi dengan perlengkapan layak (masker, baju sesuai standar, dan ada sekat antara ruang produksi, gudang, serta packaging).
     
    "Sido Muncul sudah memiliki sertifikat penuh," kata Mayagustina.

    Syarat Produk Herbal Aman Dikonsumsi
    RnD Manager Sido Muncul Wahyu Widayani (Foto: Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)

    Dalam mempertahankan prestasi tersebut, Sido Muncul terus berkomitmen untuk memproduksi produknya dengan baik. Sido Muncul menghasilkan produk yang berkhasiat dan aman dengan melakukan uji toksisitas.
     
    "Kami tidak mungkin melakukan uji toksisitas kepada manusia. Hewan dahulu, dengan bekerja sama pada beberapa universitas," ucap RnD Manager Sido Muncul Wahyu Widayani. 



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id