Tips Memilih Sampo bagi Penderita Psoriasis

    Raka Lestari - 04 November 2019 15:24 WIB
    Tips Memilih Sampo bagi Penderita Psoriasis
    Setiap orang memiliki jenis rambut, kulit kepala, dan produksi minyak yang berbeda dan akan memiliki ketahanan yang berbeda-beda terhadap sampo. (Foto: Pexels)
    Jakarta: Jika Anda menderita psoriasis pada kulit kepala, dengan memilih sampo yang dijual bebas di pasaran, tidak akan mengurangi rasa gatal, kerak, dan pengerasan pada kulit kepala. Sehingga memang Anda tidak bisa menggunakan sampo pada umumnya jika Anda mengalami psoriasis di kulit kepala.

    Psoriasis adalah peradangan pada kulit yang ditandai dengan ruam merah, kulit kering, tebal, bersisik, dan mudah terkelupas. Terkadang, psoriasis juga disertai dengan gatal dan nyeri.

    “Psoriasis muncul sebagai akibat adanya penumpukan sel-sel kulit yang menyebabkan kulit yang bersisik, bercak-bercak yang gatal, sakit, kering dan bisa menyebabkan berdarah,” ujar Dendy Engelman, MD, dokter kulit bersertifikat di New York.

    Penumpukan ini, lanjut Dr Engelman, bisa menyebabkan psoriasis pada kulit kepala. Mulai dari yang ringan sampai parah.

    Lantaran tidak ada obat yang bisa menyembuhkan psoriasis, melakukan pengendalian adalah kuncinya. Itulah mengapa sangat penting untuk mencari produk yang tepat agar tidak menimbulkan psoriasis.

    “Sampo yang paling efektif bagi penderita psoriasis kulit kepala, terutama ketika kulit kepala sangat gatal dan merah, adalah larutan clobetasol atau pengobatan topikal, pengobatan yang bisa didapatkan melalui resep yang dapat berbentuk busa, sampo, krim, gel atau lotion,” ujar Mitchell Lewis, MD, asisten klinis profesor dermatologi di Stanford University.

    "Tetapi ada kelemahan dari efektivitas clobetasol. Ini adalah kortikosteroid yang sangat kuat sehingga ada potensi efek samping,” kata Dr Lewis.

    Menurut US Library of Medicine, efek samping itu di antaranya seperti terbakar, gatal, dan bahkan perubahan warna kulit. Clobetasol biasanya dapat mengendalikan psoriasis kulit kepala dalam waktu dua hingga empat minggu.

    “Setelah Anda menggunakannya, psoriasis di kulit kepala Anda dapat dituntaskan dengan obat calipotriene topikal dan sampo yang mengandung arang, dan asam salisilat," kata Erum Ilyas, MD, seorang dokter kulit di Philadelphia.

    Akan tetapi perlu diingat bahwa setiap orang memiliki perawatan yang berbeda-beda. Sebab setiap orang memiliki jenis rambut, kulit kepala, dan produksi minyak yang berbeda dan akan memiliki ketahanan yang berbeda-beda terhadap sampo.

    “Diperlukan trial and error untuk bisa menemukan mana yang tepat bagi Anda,” tutup Dr Lewis.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id