Tips Memilih Lip Balm

    Raka Lestari - 12 Juni 2019 08:00 WIB
    Tips Memilih Lip Balm
    Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah bibir Anda pecah-pecah. (Foto: Pexels.com)
    Dr Zeichner menyarankan untuk menghindari lip balm yang mengandung wewangian karena dapat mengiritasi bibir Anda terutama jika Anda memiliki kulit yang sensitif. Menurut Dr Zeichner beberapa orang dapat memiliki alergi atau reaksi lain terhadap wewangian yang ada pada lip balm meskipun wewangian dapat membuat lip balm memiliki wangi dan rasa yang lebih baik.


    Jakarta: Kondisi cuaca yang dingin dan kering dapat membuat bibir Anda kering dan pecah-pecah, sehingga penting sekali untuk menggunakan pelembap untuk bibir Anda.

    Tetapi sebelum Anda pergi dan membeli pelembap bibir atau lip balm, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah dengan memeriksa bahan-bahannya. Beberapa produk justru dapat menyebabkan bibir Anda kering bahkan lebih parah dari sebelumnya.

    Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah bibir Anda pecah-pecah:

    1. Hindari lip balm yang mengandung salicylic acid

    Dilansir dari Mentalfloss, salicylic acid atau asam salisilat yang bisa ditemukan pada beberapa obat jerawat dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan melembutkan bibir Anda.

    Namun bahan ini juga dapat mengiritasi kulit Anda dan menyebabkan peradangan dan kekeringan dari waktu ke waktu, menurut dokter kulit yang berbasis di New York, Dr Joshua Zeichner.

    Tips Memilih Lip Balm
    (Dr Zeichner menyarankan untuk menghindari lip balm yang mengandung wewangian karena dapat mengiritasi bibir Anda terutama jika Anda memiliki kulit yang sensitif. Foto: Pexels.com)

    2. Hindari fenol, mentol, dan kamper

    Dr Zeichner menyarankan untuk menghindari lip balm yang mengandung bahan-bahan ini. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan bibir menjadi kering dalam jangka panjang, meskipun pada awalnya terlihat dapat menyembuhkan bibir kering. "Ya, mereka menenangkan segera, tetapi dalam jangka panjang mungkin mengiritasi bibir," kata Zeichner.

    3. Hindari lip balm yang memiliki wewangian

    Lip balm yang mengandung wewangian dapat mengiritasi bibir Anda terutama jika Anda memiliki kulit yang sensitif. "Beberapa orang dapat memiliki alergi atau reaksi lain terhadap wewangian yang ada pada lip balm meskipun wewangian dapat membuat lip balm memiliki wangi dan rasa yang lebih baik."

    "Selain itu, wewangian merupakan salah satu penyebab utama terjadinya iritasi," ujar Dr Diane Madfes, juru bicara untuk American Academy of Dermatology.

    4. Pilih yang mengandung minyak

    Banyak lip balm mengandung humektan seperti asam hialuronat dan gliserin, yang berarti mereka menghilangkan kelembapan dari bibir Anda jika mereka tidak diimbangi oleh agen oklusif, yang mencegah hilangnya kelembapan.

    Menurut ahli kulit Leslie Baumann, MD, "Jika Anda memilih lip balm, pastikan yang mengandung agen oklusif seperti beeswax, shea butter, minyak kelapa, minyak mineral, petrolatum, atau squalene."





    (TIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id