75 Sekolah Bakal Mendapatkan Buku Panduan Mengelola Sampah

    Medcom - 27 November 2019 17:00 WIB
    75 Sekolah Bakal Mendapatkan Buku Panduan Mengelola Sampah
    Peluncuran dan pembagian buku panduan ini dikemas dalam acara bertajuk “Kelola Sampah Sejak Dini untuk Indonesia yang Lebih Bersih”. (Foto: Deden M Ronjani/Medcom.id)
    Dalam upaya penyediaan hidrasi sehat dan mengendalikan limbah plastik di Indonesia, Danone-Aqua meluncurkan buku panduan pengelolaan sampah. Bagi-bagi buku panduan ini untuk para guru dan siswa.

    Peluncuran dan pembagian buku panduan ini dikemas dalam acara bertajuk “Kelola Sampah Sejak Dini untuk Indonesia yang Lebih Bersih”. Acara yang merupakan kelanjutan dari Gerakan #BijakBerplastik.

    Presiden Direktur Danone-AQUA, Corine Tap, mengatakan gerakan ini merupakan komitmen untuk mendorong pengelolaan sampah plastik yang lebih bertanggung jawab dari berbagai lapisan masyarakat. Salah satunya dengan mengedukasi publik mengenai pentingnya perilaku 3R, termasuk kepada anak usia sekolah.

    “#BijakBerplastik merupakan bagian dari upaya keberlanjutan Danone-AQUA yang menekankan kolaborasi multipihak. Melalui peluncuran buku panduan ini, kami selangkah lebih dekat dengan target kami untuk menyebarkan edukasi #BijakBerplastik kepada 100 juta orang pada tahun 2025," ujar Corine.

    Sebagai merek asli Indonesia yang telah hadir selama lebih dari 45 tahun, Danone-AQUA selalu berupaya untuk menyediakan hidrasi sehat dari kebaikan alam. Penyediaan hidrasi sehat dilakukan dengan cara yang berkelanjutan, seperti dengan berpartisipasi aktif dalam upaya penyelesaian masalah sampah plastik di Indonesia, selaras dengan visi “One Planet, One Health”.

    Di antara upaya tersebut kata Corine, melalui kerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Kemenkomarves), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), serta Universitas Indonesia dan Yayasan Lentera Anak, DanoneAQUA meluncurkan buku panduan pengelolaan sampah.

    “Terima kasih kepada Kemenkomarves, Kemendikbud, Ul, dan Yayasan Lentera Anak yang telah berkolaborasi dengan kami dalam mempersiapkan dan meluncurkan buku panduan ini. Kami harap masukan kami selama proses pengembangan buku ini dapat memberikan dampak positif pada masa yang akan datang." ucap Corine.

    Buku panduan berjudul Sampahku, Tanggung Jawabku akan diluncurkan ke 75 sekolah dari Sabang sampai Merauke. Buku panduan ini dapat memberikan dampak bagi pengurangan limbah plastik di Indonesia, karena jumlah generasi muda di Indonesia mencapai 41% dari total populasi.

    Sebuah angka yang menunjukkan besarnya potensi yang dapat membawa perubahan pada masa depan. Buku panduan ini juga dikemas dengan pendekatan yang menyeluruh dan kreatif, serta memperhatikan konteks lokal.

    Materi buku tersebut mencakup pengetahuan terkait kategorisasi dan pemilahan sampah, serta pengelolaan sampah yang bertanggung jawab. Selain itu, buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi visual yang menarik dan media pembelajaran yang ramah anak, seperti lagu, poster warna-warni, dan permainan.

    Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Agung Kuswandono mengungkapkan, buku panduan tersebut sejalan dengan Gerakan Indonesia Bersih yang dicanangkan oleh pemerintah untuk mengurangi dampak negatif dari sampah plastik. Gerakan Indonesia Bersih merupakan turunan dari Instruksi Presiden No. 12/2016 dan implementasi muatan Kemaritiman dalam Kurikulum 2013 yang mendorong terwujudnya Indonesia yang lebih bersih.

    “Kami sangat menghargai langkah proaktif Danone-AQUA, Universitas Indonesia, dan Yayasan Lentera Anak yang turut serta mendukung gerakan ini. Harapannya, materi-materi yang telah disusun bersama ini bisa diterapkan oleh sekolah-sekolah di seluruh Indonesia, bahkan dikembangkan lagi untuk jenjang pendidikan tingkat SMP dan SMA,” pungkasnya.

    Deden M Rojani



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id