Manfaat Air Putih dengan pH Tinggi

    Raka Lestari - 29 Agustus 2020 15:03 WIB
    Manfaat Air Putih dengan pH Tinggi
    Air pH tinggi ini kalau dikonsumsi dapat membantu tubuh untuk menetralisir racun dan menyeimbangkan pH tubuh. (Ilustrasi/Pexels)
    Jakarta: Akhir-akhir ini cukup banyak air putih dengan kandungan pH tinggi yang bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Air putih dengan pH tinggi ini dianggap sebagai pilihan yang lebih baik dibandingkan air putih dengan pH normal. Namun, apakah hal tersebut benar?

    “pH itu secara singkat, merupakan kondisi asam basa di tubuh. Air dengan pH rendah artinya asam, sedangkan air dengan pH tinggi artinya basa. Air pH tinggi ini kalau dikonsumsi dapat membantu tubuh untuk menetralisir racun dan menyeimbangkan pH tubuh,” ujar dokter sekaligus influencer dr. Ahmad Aulia Ghufron, MMR, dalam acara “Virtual Launch Imbangi Hari+ mu Bersama VIT 8+” Jumat, 28 Agustus 2020. 

    Ia menjelaskan bahwa air dengan pH tinggi ini bisa dikonsumsi dengan air dengan pH normal. “Tidak harus berpatokan dikonsumsi waktunya harus pagi atau malam saja. Air minum dengan pH tinggi bisa dikonsumsi kapan saja. Memang lebih bagusnya diminum sebelum mulai aktivitas dan sebelum tidur,” kata dr. Alghufron. 

    “Kalau malam sebelum tidur, kita kan tidak ada asupan cairan sama sekali sebelum tidur. Itulah kenapa disarankan untuk minum air dengan pH tinggi sebelum tidur juga,” tambah dr. Alghufron.”Air dengan pH tinggi dengan air biasa bisa dikombinasikan,”katanya. 

    Namun, dr. Alghufron menyarankan untuk memilih air pH tinggi yang memang sudah terpercaya. “Sekarang kan banyak air yang mengklaim memiliki pH tinggi tetapi tidak jelas. Dalam memilih air dengan pH tinggi ini, usahakan memilih yang sudah terpercaya dan terbukti yang sudah dikonfirmasi melewati penelitian,” tambahnya. 

    Air minum dengan pH tinggi ini, menurut dr. Alghufron, bermanfaat untuk melengkapi air putih biasa yang dikonsumsi sehari-hari. Dan untuk konsumsi air putih dengan pH tinggi, menurut dr. Alghufron tidak ada batasan seberapa banyak yang dibutuhkan. 

    Menurutnya, yang terpenting adalah harus memenuhi asupan cairan tubuh setidaknya 2 liter setiap hari atau 8 gelas setiap harinya. Jumlah tersebut tentu berbeda-beda tergantung aktivitas fisik seseorang. “Misalnya, pemain bola tentu kebutuhannya berbeda dengan mereka yang ada di kantor. Akan tetapi, paling tidak untuk aktivitas sehari-hari setidaknya butuh 2 liter cairan per hari,” tutup dr. Alghufron.



    (YDH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id