Tips Mengetahui Apakah Anda Alergi Nanas atau Tidak

    Sunnaholomi Halakrispen - 12 Mei 2020 16:05 WIB
    Tips Mengetahui Apakah Anda Alergi Nanas atau Tidak
    Jika Anda memiliki alergi nanas, Anda harus menghindari nanas kalengan dan nanas segar. (Foto: Unsplash)
    Jakarta: Buah nanas bagi sebagian orang yang memakannya akan memberikan efek rasa gatal di lidah. Namun, hal tersebut bukan patokan pasti bahwa Anda alergi buah nanas.

    Sebab, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan untuk mengetahui apakah Anda alergi nanas atau tidak.

    Ditinjau secara medis oleh Katherine Marengo, LDN, RD, spesialis nutrisi, dilansir dari Healthline, reaksi alergi terhadap nanas dapat dipicu dengan makan sedikit buah atau minum jus nanas. Anda bahkan mungkin memiliki reaksi alergi karena menyentuh nanas.

    Reaksi alergi terhadap buah-buahan, termasuk nanas, lebih jarang terjadi daripada alergi terhadap makanan lain. Tetapi gejala ini bisa serius ketika terjadi. Alergi makanan pun yang paling umum mencakup kacang-kacangan, susu, ikan, kedelai, kerang, ataupun telur.

    Gejalanya, alergi nanas segera setelah terkena buah, atau bisa memakan waktu hingga beberapa jam untuk memperlihatkan gejala pertama Anda muncul. Salah satunya, gatal-gatal hebat yang seringkali merupakan gejala pertama dari reaksi alergi. Hal ini dapat muncul di satu tempat atau lebih di sekitar tubuh Anda.

    Anda mungkin juga memiliki gejala pencernaan, termasuk sakit perut, muntah, dan diare. Gejala-gejala pencernaan ini adalah cara tubuh Anda untuk mencoba melepaskan diri dari alergen.

    Selain gejala pencernaan, gejala alergi nanas dapat meliputi pembengkakan pada wajah, lidah, tenggorokan, dan bibir. Kemudian, sulit bernapas, muka memerah, gatal-gatal atau gatal-gatal yang intens, sembelit, sinus tersumbat, rasa logam di mulut, pusing, dan pingsan.

    Selain itu, kemungkinan Anda akan syok anafilaksis. Anafilaksis adalah keadaan darurat medis. Segeralah mencari pertolongan medis jika Anda kesulitan bernapas atau mengira Anda akan mengalami syok anafilaksis.

    Dalam beberapa studi, 20 dari 32 orang yang dites positif alergi nanas mengalami syok anafilaksis setelah makan buah. Sementara itu, ada sejumlah faktor risiko untuk Anda mengalami alergi nanas.

    Anda berisiko lebih tinggi terkena alergi nanas jika kerabat dekat alergi terhadap nanas. Kerabat dekat ini termasuk orang tua, saudara kandung, maupun kakek-nenek. Ini adalah pertimbangan yang sangat penting ketika memperkenalkan makanan baru kepada bayi.

    Jika Anda memiliki alergi nanas, Anda harus menghindari nanas kalengan dan nanas segar. Anda juga tidak boleh minum jus nanas jika Anda alergi terhadap nanas.

    Selain itu, nanas juga bisa mengintai makanan lain. Di antaranya, salad buah kalengan atau koktail, rum nanas, selai nanas, kue buah, roti pisang, permen buah, soda nanas atau minuman bersoda minuman beralkohol tropis, seperti margarita dan pina coladas.



    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id