Saat Stres, Mengapa Cenderung Mengonsumsi Makanan tak Sehat?

    Raka Lestari - 03 Agustus 2020 15:12 WIB
    Saat Stres, Mengapa Cenderung Mengonsumsi Makanan tak Sehat?
    Ilustrasi-Freepik
    Jakarta: Ketika mengalami stres, banyak orang yang cenderung memilih makanan yang tidak sehat atau makanan cepat saji. Hal ini terutama sekali terjadi di masa-masa pandemi seperti sekarang ini, di mana dapat memicu kecemasan dan ketidakpastian.

    Samantha Cassetty, seorang ahli nutrisi dan kesehatan di New York menjelaskan mengapa ada banyak orang tidak hanya cenderung memilih camilan di sela-sela jadwal makan, tetapi juga memilih makanan yang tidak sehat.

    “Stres kronis dapat memengaruhi preferensi seseorang dalam memilih makanan, yang menyebabkan mengapa Anda mungkin lebih memilih makanan yang tinggi kadar gula dan karbohidrat. Ini berarti Anda lebih mungkin memilih keripik kentang dan biskuit dibandingkan sayuran atau buah,” kata Cassetty.

    Tingkat stres yang tinggi juga dapat memengaruhi dua hormon utama rasa lapar, yaitu leptin dan grelin. Ketika hormon-hormon ini berkurang, Anda akan mengidam makanan lebih sering, bahkan jika Anda tidak lapar secara fisik.

    Alasan lain yang menyebabkan Anda memilih makanan tidak sehat atau makanan cepat saji ketika stres adalah, itu merupakan cara yang cepat untuk melepaskan dopamin, hormon yang memberikan perasaan senang dan nyaman. Cassetty juga menambahkan bahwa jika Anda menginginkan makanan yang tidak sehat lebih sering, kemungkinan itu karena mengingatkan Anda pada saat-saat yang membuat Anda nyaman.

    Dan bagi sebagian orang, makanan cepat saji memiliki rasa yang lebih enak. Cassetty juga menjelaskan bahwa makanan cepat saji ini biasanya lebih enak di lidah.

    Terlebih biasanya memang, makanan yang sudah diproses ini memiliki rasa yang lebih gurih, manis, renyah. Sangat berbeda dibandingkan dengan makanan yang tumbuh secara alami.

    Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memilih alternatif yang lebih sehat untuk dikonsumsi. Seperti makanan yang seimbang dan pilih makanan yang tumbuh secara alami.

    “Setengah piring Anda harus berisi sayuran bersamaan dengan protein dan lemak sehat contohnya alpukat, kacang, atau biji-bijian. Ini dapat membantu Anda lebih kenyang, sehingga keinginan mengemil menjadi berkurang," imbuhnya.

    (FIR)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id