Cara Mengelola Kesehatan Mental ketika Melakukan Isolasi Mandiri

    Raka Lestari - 19 Maret 2020 09:05 WIB
    Cara Mengelola Kesehatan Mental ketika Melakukan Isolasi Mandiri
    Ilustrasi-Pexels
    Jakarta: Dengan meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia, pemerintah sudah menyarankan untuk melakukan social distancing dan meminta masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan yang memang tidak terlalu penting agar bisa tetap di rumah.

    Di samping itu, badan kesehatan dunia (WHO) juga menyebutkan bahwa melakukan isolasi mandiri atau bekerja dari rumah bisa berdampak pada kesehatan mental. Lalu apa yang bisa dilakukan agar kesehatan mental tetap terjaga ketika melakukan isolasi mandiri?

    Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan:

    -Melakukan olahraga kecil

    Dr Lucy Atcheson, seorang psikolog konseling, mengatakan bahwa salah satu masalah utama ketika melakukan isolasi mandiri adalah kita mulai kehilangan waktu untuk melakukan olahraga kecil. Aktivitas yang biasanya kita lakukan tanpa disadari dan cukup simpel.

    Seperti berjalan ke tempat kerja, membeli kopi, atau menyapa teman, adalah gerakan-gerakan kecil yang bisa dianggap sebagai olahraga juga. Untuk mengatasinya, Dr Atcheson menyarankan untuk melakukan hal tersebut di rumah. Seperti menyiram kebun, memasak, atau sekadar mengelilingi rumah.

    -Tetap menjaga diet sehat

    Ketika berada di rumah, Anda mungkin akan tergoda untuk duduk di sofa tanpa melakukan hal apapun. Mengonsumsi makanan yang tidak seimbang dan mengonsumsi camilan sepanjang hari untuk menghibur diri.

    Emma Carrington, manajer informasi dan saran di Mental Health UK, mengatakan, usahakan untuk tetap memilih makanan yang sehat. Jika Anda tidak mau membeli makanan sehat, bisa dengan membuatnya sendiri dengan menggunakan layanan pesan antar.

    -Tetap bersahabat dengan alam

    Stephen Buckley, kepala informasi dari Mind menyarankan untuk tetap bersentuhan dengan alam dan berolahraga sebanyak mungkin dalam batasan. Sebab kesehatan fisik dan kesehatan mental merupakan hal yang saling berkaitan. Jadi cobalah melakukan rutinitas yang mencakup latihan fisik

    "Meskipun Anda tidak dapat menghabiskan waktu bersama orang lain, Anda bisa memanfaatkan ruangan yang ada di luar rumah Anda. Seperti taman atau balkon karena berada di alam dapat membantu kesejahteraan mental kita," katanya.

    -Jangan hanya duduk di depan komputer

    Duduk berlama-lama di depan komputer, entah untuk bekerja atau menghibur diri sendiri bukanlah cara yang baik untuk menghabiskan waktu dalam periode yang cukup lama. Terlebih lagi, cahaya biru dari alat elektronik seperti smartphone dapat mengganggu tidur dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

    Anxiety UK, sebuah yayasan amal yang membantu orang yang menderita kecemasan menyarankan, sebaiknya melakukan daftar kegiatan yang bervariasi ketika melakukan isolasi mandiri.





    (FIR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id